Kunjungan dari Peserta Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli Angkatan XLI

Pada hari Jumat, 4 Mei 2018 Perpustakaan menerima kunjungan dari Peserta Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli Angkatan XLI Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli  merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Yang mana bertujuan untuk mencetak pustakawan-pustakawan ahli. Diklat yang diikuti oleh 27 peserta dari seluruh Indonesia ini diadakan mulai tanggal 19-02-2018 sampai 09-05-2018.

Rombongan peserta Diklat Calon Pustakawan Tingkat Ahli Angkatan XLI ini diterima oleh para Koordinator Bidang di Perpustakaan UB. Kebetulan Kepala Perpustakaan UB saat itu sedang menghadiri acara di Myanmar. Dalam kunjungan ini, peserta diklat sharing dengan para pustakawan UB tentang dunia perpustakaan mulai dari A sampai Z. Salah satu point yang dibahas saat itu tentang aplikasi Inliste 3 yang saat ini dipergunakan oleh Perpustakaan UB dalam mengelola berbagai bahan koleksi dan melayani para pengunjung.

Agar para peserta bisa lebih memahami hasil diskusi, mereka kemudian diajak juga melakukan library tour. Para peserta dibagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan konsentrasi bidang yang mereka geluti selama ini di tempat kerja. Bidang Pelayanan Pengguna dipandu oleh Bapak Agung Suprapto yang merupakan Koordinator Bidang Layanan Pengguna, bidang Pengolahan dipandu oleh Ibu Widia Permana Koordinator Bidang Pengolahan dan bidang TI dipandu oleh Baka Pitoyo Widhi Atmoko selaku Koordinator Bidang TI.

Di Bagian Pengolahan, para peserta belajar bagaimana mengolah buku pada salah satu staf yaitu Bapak Ismanto yang selama ini bertugas memasang RFID pada setiap koleksi Perpustakaan UB. RFID selain berfungsi sebagai identifikasi buku juga sebagai upaya preventif pencurian koleksi buku oleh pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

%d bloggers like this: