Kunjungan Studi Banding dari UIN SUSKA Riau

Pada tanggal 10 Agustus 2017, Perpustakaan UB menerima kunjungan benchmark dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Rombongan yang terdiri atas 9 orang ini tiba di Perpustakaan UB pukul 09.00 WIB dan diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan UB Bapak Drs. Johan AE Noor, M.Sc., Ph.D.

Dalam sambutannya, Pak Johan mengatakan bahwa perpustakaan harus menjadi tempat yang nyaman untuk mahasiswa maka perpustakaan harus diperkenalkan lewat promosi dan outreach. Dengan adanya promosi dan outreach maka akan menimbulkan rasa tertarik dan penasaran pada para mahasiswa sehingga tergerak untuk datang ke perpustakaan.

Pak Johan kemudian menjelaskan kepada rombongan tamu dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau tentang program promosi yang dimiliki oleh Perpustakaan UB yaitu antara lain Pop Up Librarian dan PPF (Pustakawan Penghubung Fakultas). Pop Up Librarian fokus kepada pengenalan perpustakaan kepada para mahasiswa sedangkan PPF fokus kepada pengenalan jurnal kepada fakultas. Selain itu juga lewat PPF, para pengelola ruang baca fakultas bisa berkonsultasi kepada pustakawan Perpustakaan UB terkait masalah atau kendala yang dihadapi dalam mengelola ruang baca.

Sementara itu perwakilan dari UIN SUSKA Riau yaitu Ibu Dr. Suriani, S.Ag,SS,M.Si mengatakan bahwa kedatangan rombongan ini untuk studi banding atau benchmark Penerapan Layanan Prima pada Perpustakaan Universitas Brawijaya.

Setelah serah terima cinderamata dari masing-masing instansi, acara dilanjutkan dengan Library Tour yang dipandu oleh Koordinator Bidang Layanan Bapak Agung dan Koordinator Bagian Pengembangan dan Kerjasama Ibu Suprihatin. Para tamu diajak meninjau berbagai layanan dan fasilitas di Perpustakaan UB mulai dari Bagian Free Internet, Sirkulasi, Keanggotaan hinga melihat koleksi cetak di Ruang Label Merah dan Label Putih. Tak hanya itu saja, rombongan UIN SUSKA Riau juga diajak melihat langsung proses pengolahan koleksi di Ruang Pengadaan dan Pengolahan.

 

%d bloggers like this: