Layanan Mandiri di Perpustakaan UB

Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat segalanya menjadi lebih mudah, termasuk di dalamnya menggunakan fasilitas di perpustakaan. Sejak bulan Februari 2017, Perpustakaan UB memberikan fasilitas layanan mandiri untuk para pengunjung. Fasilitas layanan mandiri ini tersedia di Bagian Loker dan Bagian Sirkulasi.

Di Bagian Loker pengunjung bisa meminjam dan mengembalikan loker secara mandiri, sedangkan untuk Bagian Sirkulasi layanan mandiri hanya diperuntukkan untuk peminjaman buku saja. Penerapan layanan mandiri ini sebagai bukti bahwa Perpustakaan UB selalu mengikuti perkembangan teknologi di dunia perpustakaan. Selain itu juga sebagai bentuk komitmen Perpustakaan UB untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pengunjung.

Para mahasiswa pun menyambut baik layanan mandiri ini karena menurut mereka layanan mandiri ini lebih simple dan cepat. Dengan layanan mandiri para mahasiswa tidak perlu antri lama untuk meminjam loker dan buku. Prosedur yang harus dilakukan sangat mudah. Untuk peminjaman loker secara mandiri, para pengunjung terlebih dahulu mengambil kunci yang disediakan. Kemudian, pengunjung  dapat langsung menuju mesin peminjaman mandiri dan melakukan scan barcode yang ada pada kartu identitas dan kunci loker. Setelah itu proses peminjaman sukses maka pengunjung bisa menggunakan loker sesuai dengan nomer kunci yang dipinjamnya.

Sedangkan prosedur peminjaman buku secara mandiri juga kurang lebih sama. Setelah mendapatkan buku yang akan dipinjam, pengunjung langsung menuju mesin peminjaman mandiri dan melakukan scan barcode yang ada pada kartu identitas dan buku yang akan dipinjam. Setelah proses peminjaman berhasil maka pengunjung bisa mengambil slip peminjaman yang keluar secara automatis pada mesin tersebut.

Jika para pengunjung mengalami kesulitan dalam peminjaman loker dan buku secara mandiri ini maka mereka bisa meminta bantuan kepada petugas loker atau sirkulasi yang siap membantu.

%d bloggers like this: