Mengenal Profesi Pustakawan …..

pustakawan1

Pustakawan merupakan salah satu sumber daya yang menggerakkan sumber daya lain dalam organisasi perpustakaan yang memungkinkan perpustakaan dapat berperan secara optimal didalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sehingga pustakawan menjadi ujung tombak keberhasilan dalam penyebarluasan informasi di perpustakaan. Dalam UU No 43 tahun 2007, juga yang dikatakan bahwa pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan / atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.

 

Fenomena saat ini adalah pustakawan tidak hanya bertugas sebatas menyusun dan mendata buku. Pustakawan juga harus mampu menerapkan suasana senyaman mungkin, bukan hanya dari segi fasilitas serta kelengkapan buku, namun memperlakukan pengunjung dan khususnya anggota perpustakaan sebagai aset penting perpustakaan untuk meningkatkan kemajuan perpustakaan. User needed diperlukan untuk membuat gerakan semakin solid dan komitmen bersama untuk mengolala perpustakaan secara kreatif dan inovatif dengan tetap mengedepankan kebersamaan. Perpustakaan harus kreatif mengembangkan berbagai akitifitas dan kratifitas baru demi mengembangkan perpustakaan,

 

Visi Universitas Brawijaya yaitu menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan salah satunya adalah keberadaan perpustakaan sebagai jantung dari perguruan tinggi diharapkan bisa memenuhi kebutuhan akan informasi bagi seluruh sivitas akademika. Universitas Brawijaya mempunyai 12 Fakultas, 2 Program Pendidikan Setara Fakultas, 1 Pendidikan Vokasi, serta 122 Program Studi, Pengelola perpustakaan di ruang baca saat ini kualifikasi pendidikannya bukan berlatar belakang ilmu perpustakaan sehingga hal ini dapat menghambat kinerja di perpustakaan. Sering dipindahnya petugas ruang baca yang telah dilatih ke bagian lain, juga merupakan kendala pengembangan SDM bidang perpustakaan di ruang baca, sehingga petugas di ruang baca harus dilatih lagi tentang materi ilmu perpustakaan mulai dari awal.

Sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Perpustakaan Nasional RI tahun 2011 kualifikasi tenaga perpustakaan perguruan tinggi adalah pustakawan minimal strata satu di bidang ilmu perpustakaan dan informasi, terlibat aktif dalam organisasi dibuktikan dengan kartu anggota atau sertifikat. Perpustakaan dikelola oleh tenaga perpustakaan sekurang-kurangnya 2 orang pustakawan. Untuk 500 mahasiswa pertama : 1 orang pustakawan dan 1 orang staf. Untuk setiap tambahan 2000 mahasiswa-ditambahkan 1 orang pustakawan.

%d bloggers like this: