MUNAS FKP2TN di Banda Aceh: Kepala Perpus UB Terpilih sebagai Formatur Pengurus

Pada tahun 2017 ini, Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) menggelar pertemuan akbarnya berupa Musyawarah Nasional (Munas) pada tanggal 2 – 5 Agustus 2017 di Aula FKIP Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bertindak sebagai tuan rumah dan Panitia Lokal. Hadir pada acara tersebut tidak kurang dari 150 orang anggota delegasi beberapa Perpustakaan PTN anggota FKP2TN maupun yang bukan yang berasal dari seluruh daerah, mulai dari Sumatera hingga ke Papua, ditambah dengan peserta lokal dari Perpustakaan Daerah dan Sekolah. Adapun Perpustakaan Universitas Brawijaya diwakili oleh dua delegasi yaitu Kepala Perpustakaan UB Drs. Johan AE Noor, M.Sc.,Ph.D. dan Koordinator TI: Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si., M.Si.

Munas FKP2TN ini juga dirangkai dengan acara Seminar Nasional dan penandatangan perpanjangan MoU antara Perpustakaan Unsyiah dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). MoU tersebut ditandangani langsung oleh Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal M.Eng dan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Dra. Woro Titi Hariyanti, MA.

“Banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh Unsyiah dari adanya MoU dengan Perpustakan Nasional pada 2014 lalu. Beberapa manfaat yang dirasakan, seperti pendidikan calon Pustakawan Ahli, peningkatan kompetensi Pustakawan, katalog bersama Indonesia OneSearch, pemanfaatan e-journal serta akreditasi dan manajemen Perpustakaan,” begitulah ungkapan kebanggaan yang disampaikan oleh Rektor Unsyiah dalam sambutan pembukaan Musyawarah Nasional Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (Munas FKP2TN) tahun 2017.

Munas dan Seminar Nasional FKP2TN kali ini bertema “Kepemimpinan untuk Masa Depan Perpustakaan: Peluang dan Tantangan.” Hadir sebagai keynote speaker adalah Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Drs. Muhammad Syarif Bando, MM, yang diwakili oleh Dra. Woro Titi Hariyanti, MA dan Pembicara Undangan Prof. Dr. Paulina Pannen, MLS, Staf Ahli Bidang Akademik Menteri Ristekdikti dan Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd., Kepala Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Pada perhelatan Munas ini disampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus FKP2TN periode 2014 – 2017 serta pemilihan Pengurus baru periode 2017 – 2010. Sidang Musyawarah Nasional dihadiri oleh 49 perwakilan Perpustakaan PTN anggota dan dipimpin oleh Dr. Drs. Jonner Hasugian, M.Si, Kepala Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (USU). Setelah seluruh peserta Munas menerima Laporan Pertanggungjawaban Pengurus FKP2TN periode 2014 – 2017, sidang Munas kemudian memilih dan menetapkan tiga nama anggota Formatur Pengurus FKP2TN  periode 2017 – 2020 yaitu Drs. Johan AE Noor, M.Sc.,Ph.D. (Universitas Brawijaya), Amrullah Hasbana, MA (UIN Syarif Hidayatullah), Dr. Taufiq Abdul Gani (Universitas Syiah Kuala).

Tim Formatur dalam permusyawarahannya menetapkan Drs. Johan AE Noor, M.Sc., Ph.D. sebagai Ketua Tim Formatur. Terpilihnya Drs. Johan AE Noor, M.Sc., Ph.D. Ketua Tim Formatur Pengurus FKP2TN periode 2017-2020 tentunya menjadi suatu kehormatan sekaligus kebanggaan bagi Perpustakaan Universitas Brawijaya. Hal ini menunjukkan bahwa kiprah dan kinerja Bapak Johan sebagai Ketua FKP2TN pada periode sebelumnya mendapatkan apresiasi yang baik dari seluruh anggota FKP2TN.

Semoga dengan formasi kepengurusan yang baru nanti, FKP2TN akan semakin maksimal memberikan dukungan sepenuhnya kepada Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam memaksimalkan peran dan fungsinya, mengembangkan dan membina para pustakawan perguruan tinggi. Yang mana itu semua akan mengerucut pada tercapainya peningkatan kualitas pendidikan tinggi Indonesia melalui Perpustakaan.

%d bloggers like this: