Pelatihan Literasi Informasi Perpustakaan UB

Di era kemajuan teknologi sekarang ini banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan dengan mudah lewat internet. Namun sayangnya informasi yang beredar saat ini masih banyak yang belum teruji kebenarannya atau HOAX, oleh karena itu kita perlu memiliki kemampuan literasi informasi yang baik sehingga bisa memfilter informasi yang masuk.

Menurut Wikipedia, Literasi informasi adalah kemampuan untuk tahu kapan ada kebutuhan untuk informasi, untuk dapat mengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi, dan secara efektif menggunakan informasi tersebut untuk isu atau masalah yang dihadapi.

Sedangkan nenurut American Library Association (ALA), literasi informasi merupakan serangkaian kemampuan yang dibutuhkan seseorang untuk menyadari kapan informasi dibutuhkan dan kemampuan untuk menempatkan, mengevaluasi, dan menggunakan informasi yang dibutuhkan secara efektif.

Menyadari akan pentingnya kemampuan literasi informasi dimiliki oleh para pustakawan dan mahasiswa maka Perpustakaan Universitas Brawijaya mengadakan Pelatihan Literasi Informasi yang diadakan pertama kalinya pada Hari Selasa tangal 21 Maret 2017. Acara yang diadakan di Ruang Pertemuan 1 Gedung Perpustakaan UB Lantai 1 ini diikuti oleh 40 Pustakawan dan Petugas Ruang Baca di lingkungan UB.

Adapun yang menjadi pemateri dalam pelatihan ini antara lain:

Bapak Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si, M.Si – Pengantar Literasi Informasi

Bapak Drs. Johan A.E. Noor, M.Sc., Ph.D –  Aplikasi Turnitin (aplikasi anti plagiasi)

Ibu Dra. Widia Permana, S.Sos, M.AB – Pemanfaatan E-Resources

Bapak Dr. Ing. Setyawan Purnomo Sakti. M.Eng – Aplikasi Mendeley

 

Para peserta tampak antusias menyimak setiap materi yang disampaikan oleh narasumber, hal ini karena mereka menyadari akan pentingnya kemampuan literasi informasi dimiliki oleh pustakawan dan petugas ruang baca. Mengingat bahwa mereka lah yang nantinya akan membina para mahasiswa Pascasarjana karena kemampuan literasi informasi menjadi syarat utama dalam menyusun tesis.

Perpustakaan UB selanjutnya akan menyelenggarakan Pelatihan Literasi Informasi secara rutin bagi para mahasiswa Pascasarjana. Pelatihan ini gratis alias tidak dipungut biaya, untuk pelatihan kedua akan diselenggarakan pada tanggal 30 Maret 2017. Bagi mahasiswa Pascasarjana yang ingin mengikutinya silakan mendaftarkan diri pada link berikut: Pelatihan Gratis Literasi Informasi.

Latest posts by Ihwan Hariyanto (see all)

%d bloggers like this: