Pengarahan Kepala Perpustakaan UB Sambut Tahun 2019

Menyambut tahun baru 2019, Kepala Perpustakaan UB Drs. Johan A.E. Noor, M.Sc.,Ph.D mengumpulkan para staf dalam rangka Pengarahan Kepala Perpustakaan untuk tahun 2019. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan pengarahan dan motivasi untuk para staf agar bisa meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kepada para pengguna.

Pak Johan menuturkan di tahun baru ini kita harus menyambutnya dengan optimisme dan rasa percaya diri untuk bisa menghasilkan karya yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun baru akan memberikan suasana baru yang nantinya akan berujung pada berubahnya pola bisnis dan perilaku konsumen. Oleh sebab itu mindset kita pun juga harus berubah. Hal ini akan terjadi pada semua aspek, termasuk dalam dunia perpustakaan. Sebagai pustakawan kita harus mengubah mindset kita menjadi lebih professional dalam bekerja dan melayani para pengunjung.

Seseorang yang disebut professional itu harus memiliki beberapa aspek dalam dirinya antara lain:

  • Berani bertanya: jika ada hal yang tidak dimengerti maka jangan ragu atau takut untuk bertanya. Apalagi jika di dunia kerja, jangan mengerjakan sesuatu tanpa mengetahui ilmunya.
  • Berani menantang: yang dimaksud di sini adalah menerima tantangan untuk berubah menjadi lebih baik dan meningkatkan kompetensi diri.
  • Berani mengusulkan solusi: menurut Pak Johan kebanyakan orang takut mengusulkan solusi karena pasti akan ditunjuk sebagai pelaksana. Ketakutan ini harus dienyahkan, kalau memang kita mempunyai kemampuan jangan ragu untuk menerima tugas tersebut.
  • Berani mengimplementasikan: kita harus berani melaksanakan ilmu yang sudah kita dapatkan di bangku kuliah ketika terjun ke dunia kerja.
  • Berani menerima umpan balik: setiap apa yang kita lakukan pasti akan mengundang reaksi dari sekitar, baik itu positif atau negative. Itu adalah konsekuensi yang tidak bisa dihindari.
  • Berani mengemukakan kepentingan tim: terjun di dunia kerja maka kita harus bisa bekerja di dalam tim, menjalin kerjasama dengan anggota yang lain dan berani mengemukan kepentingan tim.