Perpustakaan UB Studi Banding ke 2 Perpustakaan di Lombok

Dalam rangka menambah wawasan dan referensi tentang pengelolaan perpustakan yang lebih baik maka Perpustakaaan UB mengadakan rangkaian studi banding ke Pulau Lombok. Studi banding yang diikuti oleh Kepala Perpustakaan, Staf Ahli, para Koordinator Bidan dan Korsubbid ini dilaksanakan pada tanggal 18-21 Mei 2017. Adapun institusi yang dikunjungi adalah Perpustakaan Universitas Mataram dan Perpustakaan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB.

Ketika berkunjung ke Perpustakaan Universitas Mataram, rombongan Perpustakaan UB diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan Universitas Mataram yaitu Bapak Muslimin,S.Sos,MM. Tak ketinggalan juga jajaran pustakawan dan staf administrasi Perpustakaan Universitas Mataram ikut menemui dalam acara diskusi dan sharing yang berlangsung di ruang pertemuan.

Dalam sharing tersebut, Bapak Muslimin,S.Sos,MM menuturkan tentang langkah-langkah yang dilakukannya untuk membuat para mahasiswa Universitas Mataram mau berkunjung dan betah berlama-lama berada di perpustakaan.

Langkah-langkah itu antara lain mengubah desain beberapa ruangan menjadi lebih modern dan berwarna-warni sehingga tidak monoton dan membosankan seperti bangunan instansi pada umumnya. Lalu juga membuat atmosfer di beberapa ruangan menjadi lebih santai dimana para pengunjung bisa lesehan seperti di café-café. Rombongan studi banding Perpustakaan UB diajak meninjau hampir setiap ruangan di dalam gedung Perpustakaan Universitas Mataram mulai dari Ruang Sirkulasi hingga Ruang Internet.

Sementara itu kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Nusa Tenggara Barat diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB yaitu Bapak H. Lalu Anwar. Dalam sharing yang berlangsung di ruang pertemuan, kedua belah pihak saling berbagi pengalaman tentang pengelolaan perpustakaan.

Dari studi banding yang telah dilakukan ini, Perpustakaan UB telah mendapatkan banyak ilmu dan wawasan baru yang kedepannya bisa diterapkan demi kemajuan perpustakaan dan meningkatkan kepuasan para pengunjung.

Latest posts by Ihwan Hariyanto (see all)

%d bloggers like this: