Presentasi Hasil Seminar dan Pelatihan

Pada tanggal 25 April 2018 Perpustakaan mengadakan presentasi hasil diklat dan seminar yang diikuti oleh para staf perpustakaan. Adapun yang melakukan presentasi antara lain Dra.Widia Permana, S.Sos., M.AB yang memprenstasikan hasil Diklat Penulisan Karya Ilmiah Angkatan IV Perpusnas, yang kedua adalah Dedy Gusra, S.Ag yang memprensentasikan hasil Pelatihan Manajemen Aparatur Sipil Negara dan terakhir Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si, M.Si yang mempresentasikan hasil Seminar Nasional di Pangkalpinang “Peran Transformasi Perpustakaan di Era Digital.”

Presentasi ini diikuti oleh hampir semua staf Perpustakaan UB karena diharapkan ilmu yang didapatkan oleh tiga staf tersebut bisa ditularkan kepada yang lain. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini diadakan di Ruang Pertemuan 1 Perpuskaan UB.

Dalam presentasi Diklat Penulisan Karya Ilmiah, Ibu Widia Permana sekaligus memberikan pelatihan tentang penggunaan apliasi Zotero. Zotero adalah salah satu reference manager yang dapat digunakan secara gratis yang memudahkan penulis untuk mengelola sumber‐sumber referensi yang dimiliki sebagai acuan dalam penulisan rujukan.

 

Zotero (baca: zoh ‐ TAIR ‐ oh) dikembangkan oleh Roy Rosenzweig Center for History and New Media dan dirancang untuk tujuan non komersial dan berbasis pada platform open source. Oleh karena itu, Zotero dapat diperoleh dan digunakan secara gratis. Zotero memiliki kemampuan untuk mendeteksi konten‐konten yang tersedia di dalam laman sebuah web dan menyimpannya ke dalam komputer sebagai perpustakaan (digital) pribadi hanya dengan satu kali klik.

Zotero mengumpulkan seluruh karya hasil penelitian yang dimiliki dalam sebuah interface yang mudah digunakan. Pengguna dapat menambahkan file PDF, gambar, audio, video dan snapshot dari halaman web ke dalam Zotero. Zotero secara otomatis akan mengindeks konten teks lengkap dari koleksi yang dimiliki atau ditambahkan ke dalam aplikasi. Zotero juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menemukan apa yang dicari hanya dengan beberapa penekanan tombol.

Program Zotero ini sangat membantu sekali para pustakawan dalam menulis karya tulis ilmiah karena hanya dengan sekali klik saja, maka sumber referensi yang dipakai dalam karya tulis ilmiah secara otomatis akan muncul di bagian foot note.

 

%d bloggers like this: