Pustakawan UB Lolos Call for Paper KPDI 11 di Medan

Perpustakaan Nasional RI kembali menggelar Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) di Medan pada tanggal 6 sampai dengan 9 November 2018. Tahun ini, KPDI sudah memasuki tahun ke 11 dengan mengusung tema: “Mobilisasi Pengetahuan Melalui Perpustakaan Digital di Era Disruptif”. Tujuan diadakan KPDI 11 ini diharapkan akan menjadi sarana berbagi pengalaman, pengetahuan, saran dan rumusan mengenai manifestasi perpustakaan digital dalam moblisasi pengetahuan di era disruptif digital.

Adapun yang menjadi latar belakang tema ini adalah keberadaan perpustakaan digital yang sudah dipandang memiliki dampak terhadap kehidupan masyarakat secara luas melalui berbagai peran. Salah satu peran perpustakaan digital yang terkait dengan perkembangan terkini pada masyarakat dunia pada umumnya adalah upaya penyebarluasan pengetahuan dalam era disrupsi digital.  Perpustakaan digital dipandang memiliki peran penting dalam memastikan diseminasi pengetahuan melalui penyediaan akses ke informasi, sarana teknologi informasi dan komunikasi, bantuan kepada masyarakat dalam pembangunan kapasitas pemanfaatan informasi, serta pelestarian informasi untuk generasi digital saat ini.

Dalam event ini, Perpustakaan Nasional RI menggandeng beberapa pihak sebagai panitia antara lain: Forum Perpustakaan Digital Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara. Event KPDI 11 diadakan di Hotel Four Points by Sheraton, Medan, Sumatera Utara. Adapun jumlah paper yang lolos dalam event KPDI 11 sebanyak 16 paper (makalah) yang terbagi atas 6 topik.

Perpustakaan UB ikut berpartisipasi di acara KPDI 11 ini dan dua paper yang ditulis oleh para pustakawan berhasil lolos. Adapun dua judul paper yang lolos call for paper KPDI 11 antara lain Blanded Librarianship di Perpustakaan Perguruan Tinggi (Pengembangan Media Pendidikan Pemustaka dengan memanfaatkan Telegram BOT di Perpustakaan Universitas Brawijaya) yang ditulis oleh Kurniasih Yuni Pratiwi, S.Sos., MA, Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si dan Suprihatin, SIP., MA. Sedangkan paper kedua berjudul: Pemanfaatan Layanan Mandiri Peminjaman Buku dan Kunci Loker Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan MCLean bagi Mahasiswa di Perpustakaan UB yang ditulis oleh Kurniasih Yuni Pratiwi, S.Sos., MA, Suprihatin, SIP., MA dan Samsul Arifin.