Refreshment BSN di Perpustakaan UB

“Badan Standardisasi Nasional (BSN) adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertugas dan bertanggung jawab di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian. BSN memiliki tanggung jawab membina, mengembangkan serta mengkoordinasikan kegiatan di bidang standardisasi secara nasional. Salah satu misi BSN adalah merumuskan, menetapkan, dan memelihara Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berkualitas dan bermanfaat bagi pemangku kepentingan.”

Hal tersebut disampaikan oleh perwakilan dari BSN saat acara Refreshment BSN yang diadakan di Ruang Pertemuan 1 pada t anggal 28 April 2017.

Salah satu produk BSN adalah Standar Nasional Indonesia (disingkat SNI) yang merupakan satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia. SNI dirumuskan oleh Komite Teknis (dulu disebut sebagai Panitia Teknis) dan ditetapkan oleh BSN. Agar SNI memperoleh keberterimaan yang luas antara para stakeholder, maka SNI dirumuskan dengan memenuhi WTO Code of Good Practice.

Perpustakaan UB dan BSN telah menjalin kerjasama yaitu penyediaan outlet yang khusus menyediakan informasi standardisasi, khusunya dokumen SNI (Standard Nasional Indonesia) yang disebut SNI Corner.

Keberadaan Standar Nasional Indonesia (SNI) Corner bagi dunia pendidikan memiliki arti penting sebagai pusat informasi dan standardisasi, seperti halnya lembaga penjaminan mutu universitas yang berfungsi melalukan pengembangkan standarisasi mutu akademik.

 

Tujuan refreshment BSN yang diikuti oleh para staf Perpustakaan UB ini agar para pustakawan lebih memahami dan tahu tentang pemanfaatan informasi Standardisasi Indonesia sehingga nanti bias membimbing para pengunjung Perpustakaan UB yang ingin mendapatkan informasi dan data yang dimiliki oleh BSN.

Selain melakukan presentasi di Ruang Pertemuan 1, perwakilan BSN juga meninjau dan mengecek SNI Corner yang berada di lantai 2 Perpustakaan UB. Mereka juga memberikan CD yang berisi data tentang publikasi dan produk BSN yang bisa diakses secara offline oleh masyarakat umum.

%d bloggers like this: