Seminar Nasional: Perpustakaan Sebagai Gerbang Informasi Sehat

Pada tanggal 15 Maret 2017, Perpustakaan UB mengirimkan dua stafnya yaitu Bapak H. Samsul Arifin dan Ihwan Hariyanto, untuk mengikuti seminar nasioanl yang bertema: Perpustakaan Sebagai Gerbang Informasi Sehat. Seminar yang diadakan di Ruang Seminar Lantai 2 Gedung Perpustakaan UGM ini diikuti oleh pustakawan dari hampir seluruh perpustakaan universitas dan sekolah di Indonesia.

Yang menjadi pembicara dalam seminar nasional ini antara lain: Drs. Ida Fajar Priyanto,MA Ph.D. yang merupakan Staf Ahli Perpustakaan dan Dosen S2 Manajemen Informasi Perpustakaan, Program Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada. Beliau membawakan materi: Perpustakaan sebagai Gerbang Informasi Sehat. Pembicara selanjutnya adalah Kompol Donny Yulianto, S.T., S.H. Kasubdit Cyber Crime, POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta, yang membawakan materi: Kode Etik Penggunaan Media Sosial. Lalu terakhir adalah Anis Fuad, SKed DEA, Ph.D., Cand. Dosen Fakultas Kedokteran UGM yang membawakan materi: Perilaku Masyarakat terhadap Akses Informasi.

Hal utama yang disoroti dalam seminar ini adalah kebiasaan masyarakat yang mudah sekali menyebarkan berita-berita HOAX (palsu) di internet. Padahal berita HOAX ini sudah pasti belum terjamin kebenarannya dan berpotensi menimbulkan konflik dalam masyarakat. Selain itu para pelaku penyebar berita HOAX ini pun bisa terancam hukuman pidana.

Selain seminar, dalam acara ini juga dilakukan pengumuman pemenang lomba karya ilmiah dan pustakawan teladan yang merupakan rangkaian peringatan Dies Natalis UGM yang ke 66  yang mengankat tema: UGM menuju Indonesia Sehat.

 

Latest posts by Ihwan Hariyanto (see all)

%d bloggers like this: