sertifikat-kompetensi1a

Pustakawan UB Meraih Sertifikasi Kompetensi Pustakawan

Sertifikasi Pustakawan adalah proses pemberian sertifikat yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui asesmen dengan mengacu kepada pada SKKNI Bidang Perpustakaan terhadap Pustakawan. Salah satu manfaat Sertifikasi Pustakawan adalah membantu memastikan dan memelihara kompetensi untuk meningkatkan rasa percaya diri pustakawan sehingga bisa bekerja dan berkarya dengan maksimal.

Pada tahun ini salah satu Pustakawan Perpustakaan UB yaitu Ibu Dra. Widia Permana, S.Sos., M.AB. ,  berhasil meraih sertifikasi kompetensi pustakawan dalam bidang Pemasyarakatan Perpustakaan. Sertifikasi kompetensi pustakawan ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI pada tanggal 22 s/d 25 Agustus 2016 bertempat di di Universitas Airlangga, Surabaya. Adapun yang menjadi tim penguji adalah Lembaga Sertifikasi Profesi Pustakawan.

Materi yang diujikan dalam sertifikasi kompetensi pustakawan kluster Pemasyarakatan Perpustakaan ini antara lain: mengoperasikan komputer tingkat dasar, menyusun rencana kerja perpustakaan, membuat laporan kerja perpustakaan, melakukan promosi perpustakaan, melakukan kegiatan literasi informasi dan memanfaatkan jaringan internet untuk layanan perpustakaan.

Kepala Perpustakaan UB, Bapak Johan berharap prestasi yang diraih oleh Ibu Widia ini mampu memberikan inspirasi bagi staf perpustakaan lainnya terutama para pustakawan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi dirinya sehingga nanti bisa mengikuti sertifikasi kompetensi pustakawan pada tahun-tahun berikutnya.

 

 

%d bloggers like this: