Weeding Perpustakaan Universitas Brawijaya 2016

Perpustakaan Universitas Brawijaya saat ini sedang melakukan weeding atau penyiangan. Tujuan weeding ini adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan koleksi dan ruangan di dalam perpustakaan.

Weeding dilakukan secara bertahap dimulai dari Ruang Koleksi Label Putih pada tanggal 27 Juni hingga 2 Juli 2016. Pada saat ini sedang dilakukan weeding di Ruang Referensi. Weeding dilakukan oleh seluruh para pustakawan Perpustakaan Universitas Brawijaya. Tahapan weeding dimulai dari pemilihan buku-buku yang akan disiangi, setelah itu akan diverifikasi oleh pustakawan yang yang ditunjuk untuk bertugas sebagai verifikator.

Weeding tidak dapat dilakukan sembarangan karena memerlukan banyak sekali pertimbangan untuk pengambilan keputusan koleksi dapat di kategorikan termasuk weeding, dan juga mengingat koleksi di Perpustakaan Universitas Brawijaya merupakan aset milik negara yang harus dipertanggung jawabkan keberadaannya.

Adapun yang menjadi pertimbangan dalam melakukan weeding antara lain: koleksi yang isinya menyesatkan, koleksi yang fisiknya sudah kusam, koleksi yang sudah keluar edisi terbaru atau revisinya, koleksi yang tidak pernah dipinjam, koleksi yang sudah rusak parah sehingga tidak mungkin untuk diperbaiki. Ada juga koleksi yang dari segi isi dan tampilan masih bagus namun karena sudah tidak relevan lagi sehingga kurang diminati oleh pemustaka.

 

Latest posts by Ihwan Hariyanto (see all)

%d bloggers like this: