Workshop Integrasi Data dan Pengolahan Buku berbasi Inlislite V.3

Pada tanggal 8 Agustus 2018 Perpustakaan UB kembali mengadakan workshop Integrasi Data dan Pengolahan Buku berbasi Inlislite V.3 Pelatihan diadakan di Ruang Pertemuan 1 Perpustakaan UB dengan peserta yang berasal dari Ruang Baca di seluruh fakultas Universitas Brawijaya. Yang menjadi dalam workshop kali ini adalah para pustakawan Perpustakaan UB antara lain Bapak Pitoyo Widhi Atmoko Koordinator Bidang Teknologi dan Informasi, Koordinator Bidang Layanan Teknis Ibu Widia Permana dan Koordinator Bidang Pengembangan dan Kerjasama Ibu Suprihatin.

Inlislite V.3 merupakan pengembangan lanjutan dari perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan Inlislite versi 2.1.2 yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpustakaan Nasional RI) sejak tahun 2011. Inlislite versi 3 dikembangkan sebagai perangkat lunak satu pintu bagi pengelola perpustakaan untuk menerapkan otomasi perpustakaan sekaligus mengembangkan perpustakaan digital / mengelola dan melayankan koleksi digital.

Inlislite dibangun dan dikembangkan secara resmi oleh Perpustakaan Nasional RI dalam rangka menghimpun koleksi nasional dalam jejaring Perpustakaan Digital Nasional Indonesia, disamping membantu upaya pengembangan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia.

“Tujuan dari integrasi data menggunakan Inlislite V.3 agar smua karya ilmiah/repository yang dimiliki UB bisa terdata sehingga bisa menaikkan peringkat UB di antara universitas seluruh Indonesia”, demikian diutarakan oleh Bapak Widhi. Semua data pengolahan buku maupun jurnal yang dimiliki oleh Universitas Brawijaya nantinya akan tersimpan server Indonesia One Search sehingga bisa diakses tidak hanya oleh civitas akademika UB namun seluruh user yang mengakses IOS. Selain itu dengan integrasi data bisa memiminalisir resiko kehilangan data karena sudah tersimpan di server Indonesia One Search.

Di sesi kedua, Ibu Widia Permana memberikan pelatihan tentang pengolahan buku menggunakan Inlislite V.3. Para peserta langsung mempraktekkan materi yang diberikan dengan menggunakan laptop. Inlislite V.3 ini berbasis web (webbased application software), sehingga para peserta bisa menggunakan aplikasi browser internet yang umum digunakan untuk menjelajahi informasi di internet. Sedangkan di sesi ketiga Ibu Suprihatin memberikan pelatihan katalogigasi secara manual. Katalogisasi manual ini merupakan kemampuan dasar dan utama yang harus dimiliki oleh seorang pustakawan. Selain itu juga untuk lebih memudahkan dalam meng-input data ke Inlislite V.3. Dalam pelatihan katalogisasi ini pun para peserta mempraktekkan proses katalogisasi dengan menggunakan koleksi buku yang telah disediakan.

Melalui workshop Integrasi Data dan Pengolahan Buku berbasi Inlislite V.3 ini diharapkan semua petugas Ruang Baca yang berada di seluruh fakultas UB mampu melakukan  integrasi data dan mengolah koleksi yang dimiliki di Ruang Baca menggunakan Inlislite V.3. Jika semua karya ilmiah/repository yang dimiliki UB terdata dalam Indonesia One Search maka akan semakin menaikkan peringkat UB di daftar repository Indonesia.