Workshop Publish in International Journal

Dalam rangka mendukung salah satu misi UB menjadi World Class University, maka diharapkan para civitas akademika UB menghasilkan karya tulis yang dimuat di jurnal internasional.  Oleh sebab itu, Perpustakaan UB memiliki tanggung jawab untuk ikut membantu terwujudnya misi tersebut dengan mengadakan workshop penerbitan jurnal internasional yang bekerjasama dengan Cambridge University Press.

Workshop yang diikuti oleh para Kepala Jurusan, dosen serta mahasiswa S2 dan S3 ini diadakan pada tanggal 4 November 2018. Adapun yang menjadi pembicara dalam workshop ini adalah Mr. Joe Ng Acquisitions Editor (Social Sciences) dari Singapura. Dalam presentasinya Mr.Joe Ng menceritakan tentang sejarah Cambridge University Press.

Cambridge University Press (CUP) adalah perusahaan penerbit milik Universitas Cambridge. Perusahaan ini didirikan melalui paten surat Raja Henry VIII pada tahun 1534. CUP merupakan perusahaan penerbit tertua di dunia dan pers universitas terbesar kedua di dunia (setelah Oxford University Press). Misi pers ini adalah “melanjutkan misi universitas untuk membebaskan pengetahuan demi meraih pendidikan, pembelajaran, dan penelitian terbaik secara internasional.”

Cambridge University Press adalah departemen Universitas Cambridge dan merupakan penerbit akademik sekaligus penerbit pendidikan. Dengan sirkulasi global, anak penerbit, dan kantor di lebih dari 40 negara, CUP telah menerbitkan lebih dari 50.000 judul buku karya penulis dari +100 negara. Terbitan CUP mencakup jurnal akademik, karya referensi, buku teks, dan publikasi pengajaran dan pendidikan bahasa Inggris. Cambridge University Press merupakan badan amal yang menyerahkan kembali laba tahunannya ke pihak universitas.

Dalam workshop ini, Mr. Joe Ng memaparkan bagaimana menulis jurnal yang sesuai dengan ketentuan Cambridge Univesity Press. Dimulai dengan menentukan subjek jurnal hingga proses pengiriman jurnal. Meskipun disampaikan dalam Bahasa Inggris namun hal ini tak mengurangi antusiasme para peserta workshop. Ini terbukti saat sesi tanya jawab, cukup banyak peserta yang mengajukan pertanyaan. Dengan diadakannya workshop ini, Perpustakaan UB berharap bisa menumbuhkan motivasi di kalangan para civitas akademika UB untuk menulis jurnal dan mengirimkannya ke CUP atau penerbit internasional lainnya.

Bagi pembaca yang ingin mendapatkan materi workshop How to Publish in International Journal yang diadakan Perpustakaan UB, silakan mengunduhnya DI SINI.