(Indonesia) E-Journal Training: EBSCO Medline Complete

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Pada tanggal 5 Desember 2017 Perpustakaan Universitas Brawijaya bekerjasama dengan EBSCO mengadakan E-Journal Training: Medline Complete. EBSCO Information Services adalah penyedia layanan terkemuka e-jurnal, e-book, paket langganan, alat manajemen sumber daya elektronik, teks lengkap dan database sekunder, serta layanan terkait untuk semua jenis perpustakaan dan lembaga-lembaga penelitian. Dalam tujuh dekade bisnisnya, EBSCO terus menjalin hubungan dengan lebih dari 81.000 penerbit global.

EBSCO berpusat di Ipswich, USA, meskipun belum memiliki kantor resmi di Indonesia namun tak mengurangi kinerja dan layanan mereka dalam menyediakan informasi bagi para peneliti, pengajar dan mahasiswa dalam berbagai bidang ilmu. Saat ini Ebsco baru memiliki kantor representatif di Surabaya.

Ebsco telah dilanggan oleh beberapa instansi dan belasan perguruan tinggi di Indonesia. Instandi yang menggunakan layanan Ebsco antara lain: BPK, Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementrian Ristek dan Pendidikan Tinggi dan Perpustakaan Nasional. UB menjadi salah satu perguruna tinggi yang melanggan Ebsco.

Bapak Dadi Haryadi, SE., MM, selaku perwakilan Ebsco Indonesia pagi itu mempresentasikan tentang Ebsco Medline Complete. Bila dibandingkan dengan Ebsco Medline Full Text, maka Medline Complete memiliki lebih banyak jurnal yang bisa diakses. Medline memiliki 2.526 full text journals dan 1995 active full text journals.

Kelebihan dari Medline Complete adalah memiliki banyak sekali top medical journal tanpa embargo, yang tidak dimiliki oleh penyedia e-journal lainnya. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan sekali bagi para pelanggan jurnal karena mendapatkan akses yang lebih banyak.

Untuk mengakses jurnal Ebsco sangat mudah, Anda bisa mengakses melalui internet IP based bagi yang memiliki jaringan atau bisa juga melalui  user ID dan password bagi yang tidak memiliki fasilitas jaringan. Ebsco bisa diakses melalui gadget seperti BlackBerry, iPhone & iPod Touch, Palm, Pocket PC dan Windows Smartphone.