Informasi Perpustakaan Universitas Brawijaya

Daimul.khoir

Librarian Brawijaya University

Sejarah Perpustakaan
Perpustakaan UB didirikan tanggal 5 Januari 1963. Pada tahun 1965 perpustakaan pindah ke kampus
Universitas Brawijaya di Dinoyo Malang, dengan menempati gedung seluas 400 m2. Dalam
perkembangan berikutnya perpustakaan membangun gedung seluas 3.000 m2, dan tepatnya pada
tanggal 24 Pebruari 1984 diresmikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Prof. Dr. Tisna
Amijaya). Pada tahun 1987 gedung perpustakaan dikembangkan menjadi seluas 4.200 m2. Mulai
tahun anggaran 2005 UPT Perpustakaan menambah gedung baru seluas 4.320 m2 dengan lantai 5
dan pada tahun 2008 luas perpustakaan 8.520 m2.

Perpustakaan , sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan, terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas jasanya. Agar informasi dan ilmu pengetahuan yang ada di dalamnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kampus. Sehingga merekamdapat selalu mengikuti perkembangan hasil karya masyarakat akademik dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hidupnya.
Jasa peminjaman buku teks
Buku-buku yang berkaitan dengan kurikulum maupun buku-buku yang bersift umum dapat dipinjam oleh masyarakat kampus. Dengan meminjam buku-buku teks diharapkan dapat dipinjam oleh masyarakat kampus. Dengan meminjam buku-buku teks diharapkan dapat memperlancar dan meningkatkan proses pembelajaran ,serta dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai tuntutan masyarakat. Jasa peminjaman buku teks berada di lantai 2 ,yang terbagi ruang reserve yaitu koleksi yang harus stand by.Namun dapat dipinjam pada waktu week end atau liburan. Koleksi label putih dapat dipinjam untuk 2 minggu, dan bias diperpanjang sesuai aturan.Bagi mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir dapat meminjam 5 buku.
Jasa Layanan Internet
Layanan ini tersedia di lantai 1 di Ruang Multimedia yang penggunaanya secara bergantian dengan pemakai lainya.
Jasa Penelusuran Informasi
Bagi pemustaka yang menginginkan suatu subjek tertentu namun belum mengetahui kemana harus mencarinya,jasa penelusuran informasi siap membantunya. Penelusuran informasi dilakukan dengan temu-balik artikel-artikel atau bab-bab yang berkaitan dengan subjek yang diinginkan ke semua jenis koleksi baik majalah,buku,CD_ROOM maupun ke online Journal. Jasa penelusuran informasi dapat dilayani di semua konter layanan perpustakan.
Jasa Silang-Layan
Jasa ini perpustakaan UB berusaha mencari materi/artikel ,buku, paten,dan lain-lain,yang tidak tersedia di perpustakaan.Pencarian dilakukan dengan menghubungi pusat-pusat informasi atau perpustakan lain seperti PDII_LIPI Jakarta dan Bandung,Perpustakaan UGM dll,Permintaan jasa silang layan dapat dilakukan di ruang Referensi lantai 2 atau melalui email: library@ub.ac.id
Jasa Muatan Lokal Brawijaya Knowladge Garden (BKG)
Jasa Koleksi Muatan Lokal menyediakan koleksi skripsi,tesis,disertasi,laporan penelitian,pidato ilmiah,pidato pengukuhan,prosiding dan lainya yang dihasilkan oleh civitas akademika UB. Berdasarkan koleksi ini dapat diketahui perkembangan-perkembangan karya tulis civitas akademi UB dalam mengembangkan sains dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat luas serta kemajuan bangsa Indonesia. Jasa muatan local (BKG) ini bertempat dilantai 2 sebelah timur
Jasa Bimbingan
Bagi pemustaka yang masih awam dapat meminta bimbingan khusus .Pemustaka akan dibimbing dan dikenalkan cara penelusuran bibliografi di OPAC (online Public Catalogue).Sehingga pemustaka dapat memanfaatkan perpustakaan secara effective dan efisien.
Jasa Konsultan
Perpustakaan UB juga memberikan jasa konsultan untuk siapapun baik perseorangan, instuisi maupun organisasi yang ingin mendirikan perpustakan. Jasa ini juga memberikan bimbingan serta pembenahan untuk menjadikan layanan Perpustakaan yang idial dan menyenangkan bagi pemustakanya.
Jasa Umum
Untuk penyebaran informasi dari ilmu pengetahuan ,perpustakaan UB member kesempatan kepada non-civitas akademika untuk menjadi anggota perpustakaan. Mereka dapat memanfaatkan koleksi dan fasilitas perpustakaan yang ada. Jasa umum ini dapat diminta dengan memenuhi persyaratan tertentu.Sebagaimana telah ditetapkan dalam peraturan perpustakan.
Gasebo
Ruangan ini berada di sebelah utara selatan, barat dan timur,gedung perpustakaan.Pemustaka bias memanfaatkan untuk browsing internet selama 24 jam dengan fasilitas WIFI sangat nyaman dan kelilingi kolam dengan air mancur yang sangat indah sehingga menambah keasrian suasana belajar.
Cafetaria
Perpustakaan juga menyediakan cafertaria dilantai 1 gedung baru perpustakaan,pemustaka bias mendapatkan makanan kecil dan soft drink untuk membantu menambah energy. Cafetaria ini dikelola oleh rektorat .Harganya sangat terjangkau dan banyak pilihan yang ditawarkan.
Jasa Foto Kopi
Untuk memperbanyak informasi guna kepentingan pribadi,perpustakaan menyediakan layanan foto kopi di lantai 1 .Pemustaka dapat memfoto kopi informasi yang dibutuhkan.
Locker (Penitipan tas)
Bagi pemustaka yang membawa tas diwajibkan untuk menitipkanya ke petugas locker. Barang-barang berharga harus dibawa masuk ke perpustakaan.Penitipan tas terdapat dilantai 1 sebelah kiri pintu utama.
OPAC (Online Public Acces Catalogue)
OPAC adalah catalog computer untuk mencari koleksi dan informasi BKG.Disediakan 3 PC dilantai 1 dan 12 pc dilantai 2.Dengan informasi tersebut ketersediaan buku dapat tersampaikan.
Sampoerna Corner
Program Sampoerna Goes To Campus menyediakan 6 PC untuk akses internet, serta buku-buku sumbangan fihak sampoerna bisa dimanfaatkan oleh pemustaka ,serta kenyamanan suasana belajar untuk pemustaka ,yang terletak di lantai 1
Koleksi Elektronic
Koleksi E-BOOK,E-JOURNAL seperti : PROQUEST,SCIENCE DIRECT ,,EBSCO,SCOPUS, IEEE,ASCE,ASME,INFOTRAC,CABI,CLINICALKEY. Dll semua bisa diaksesJaringan web dilingkungan perpustakaan UB : nas.ub.ac.id
Jam Buka Perpustakaan
Senin s/d Kamis Pukul : 06.00-20.00
Jumat : Pukul : 06.00-11.00
: 13.00-22.00
Sabtu : 08.00-20.00
Minggu : 09.00-17.00
Alamat Perpustakaan

Jalan Veteran 65145 Malang Jawa timur Indonesia
Telepon (0341) 571032/ 575745
Fax (0341) 583966
Email:library@ub.ac.id

%d bloggers like this: