Fasilitas Perpustakaan UB untuk penyandang disabilitas

Perpustakaan UB berbenah dalam mendukung Universitas Brawijaya (UB) yang menjadi pioneer dalam memfasilitasi penyandang disabilitas di Indonesia. Mulai tahun akademik 2012/2013 sebanyak 20 orang difabel akan diterima di UB melalui jalur mandiri yang diberi nama Seleksi Penerimaan Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD).  SPKPD diperuntukkan bagi penyandang disabilitas yang memiliki kapabilitas dalam bidang keilmuan dari program studi yang dipilihnya. Peserta yang lulus SPKPD memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa bagi keluarga yang tidak mampu.

Dikatakan Rektor, penerimaan mahasiswa penyandang disabilitas ini sejalan dengan misi perguruan tinggi dalam 5K yakni ketersediaan, keterjangkauan, kesetaraan, kualitas dan kepastian. Dalam rencana Undang-Undang Perguruan Tinggi juga disebutkan pentingnya pendidikan khusus bagi penyandang disabilitas. “Pendidikan harus inklusif dan tidak boleh eksklusif,” kata Rektor.

Perpustakaan UB sebagai salah satu Unit Penunjang Pelaksana Akademik menyediakan bermacam fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas.

%d bloggers like this: