Perpustakaan UB Mengadakan Workshop Pengembangan Multimedia

Perpustakaan Universitas Brawijaya mengadakan acaraworkshop bertemakan “Pengembangan Multimedia dalam Mendukung Optimalisasi Perpustakaan Digital, Rabu (29/1). Acara ini merupakan kerjasama antara perpustakaan Universitas Brawijaya dengan Putera Sampoerna Foundation yang diadakan dalam dua sesi yaitu seminar dan workshop.

Ketua Panitia, Dra. Hermintatik, S.AB., MA mengatakan acara ini diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari pustakawan perpustakaan UB, pengelola ruang baca di lingkungan baik Malang dan Kediri.

Tujuan diselenggarakannya acara ini agar peserta mampu memahami bagaimana layanan multimedia, penerapan, dan pengoperasian multimedia di perpustakaan. Selain itu, melalui acara ini diharapkan peserta mampu mengelola dan mengembangkan multimedia yang sesuai dengan bidangnya masing-masing sehingga mampu meningkatkan mutu layanan pengguna yang berujung pada kepuasan pengguna perpustakaan di Universitas Brawijaya.

Dalam pembukannya, kepala perpustakaan UB Bapak Dr. Johan A.E. Noor, M.Sc., Ph.D menyampaikan dengan diadakannya acara ini, diharapkan peserta dapat mengembangkan diri dan bersikap profesional dalam berkarir.

“Saya berharap kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi para peserta dan bisa meningkatkan kinerja dan profesionalisme. Semoga dibulan selanjutnya, perpustakaan dapat menggelar acara-acara yang lebih bermanfaat,”kata Johan.

Sementara itu, Dra. Widia Permana, S.Sos., M.AB sebagai narasumber mengatakan multimedia merupakan penggunaan teknologi untuk lebih mengkomunikasikan informasi termasuk penggunaan video digital, program interaktif, konten internet, grafis, audio, animasi 3-D, 2-D, ilustrasi, dan media-disampaikan komputer lainnya.

“Dari definisi di atas dapat diketahui bahwa cakupan layanan multimedia telah mengalami perkembangan dari sekedar penelusuran jurnal online dan ebook saja. Oleh karenanya, Pustakawan di era virtual saat ini harus mampu menggunakan layanan multimedia untuk menyampaikan informasi sesuai dengan tuntutan keilmuan yang berkembang, agar informasi dapat disampaikan secara jelas, cepat dan tepat. Selain itu, pelaksanaannya harus ditunjang dengan sarana prasarana yang dibutuhkan serta peningkatan kualifikasi pustakawan agar dapat mendayagunakan fasilitas canggih tersebut secara optimal,” katanya.

Sesi workhop yang diberikan oleh Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si., M.Si terdiri dari sesi praktikum dasar multimedia, sesi audio video, sesi image editing dan sesi pembuatan ebook. Pada sesi ini para peserta dituntut aktif untuk membuat produk multimedia baik audio video, image editing dan ebook yang dikumpulkan pada panitia di akhir acara sebagai hasil diadakannya workshop ini.

Acara ini ditutup oleh Bapak Drs. Johan A.E. Noor, M.Sc., Ph.D selaku kepala Perpustakaan Universitas Brawijaya. Beliau berharap setelah diadakannya acara ini para peserta mampu menerapkan multimedia untuk menunjang kinerja masing-masing. [Oky]

%d bloggers like this: