TAWAKAL ILALLAH UNTUK MENGGAPAI HIDUP SEHAT DAN NIKMAT DUNIA DAN AKHERAT

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1429H / 2008 M dengan melaksanakan Kegiatan rutin Sholat Dhuhur berjamaah di Perpustakaan UB

2 September 2008. Kegiatan rutin Sholat Dhuhur berjamaah ini diikuti mahasiswa dan staf perpustakaan UB. Pada awal bulan suci ini menghadirkan dr. Ibnu Mas’ud, MS untuk menyampaikan siraman rohani KULTUM 7 menit.  Berikut adalah kutipan Qultum 7 menit yang telah disampaikan dr. Ibnu Mas’ud yang masih berstatus dosen di FK-UB.
Untuk Mengatasi Itulah Kita Seharusnya Dalam Hidup Ini Selalu Meningkatkan Iman Dan Takwa, Seperti Allah Swt Sering Mengingatkan Kita Dalam Kitab Alquranul Karim.
Agar Kita Hidup Tetap Di Jalan Yang Lurus ( Sirathal Mustaqim) Maka Hendaklah Kita Jangan Ragu Terhadap Pegangan Hidup Yaitu Pertama Adalah Alquran (  Dzalikal Kitabu La Roibafihi Hudalil Mutaqin, Albaqarah :2) Dan Yang Kedua Adalah Alsunnah.
Dengan Demikian Kita Akan Selalu Dijamin Taat Kepada Allah Swt Dan Taat Kepada Rasulullah Muhammad Saw Sesuai Perintah Allah Swt : {“`Ati-Allâha Wa Ati`Ur-Rasûla Wa Ulil-Amri Minkum” – “Hai Orang Beriman! Ta’ati Allâh, Dan Ta’ati Rasul, Dan Mereka Yang Diberi Kewenangan Di Antara Kamu.” [ Qs 4 (An Nisaa’):59] } .  Dua Pegangan Pokok Bermanfaat Untuk Bekal Hidup Di Dunia Dan Akherat.
Untuk Merealisasikan Hal Tersebut Diatas Agar Hidup Kita Bisa Di Nikmati Dan Sehat Wal Afiat,  Tentu Ada Kiat-Kiat Yang Teruraikan Dalam Visi Dan Misi Hidup Kita  Yaitu Tetap Menjadi Orang Yang Beriman Dan Bertaqwa.
Adapun Ciri-Ciri Orang Beriman Dan Bertaqwa Adalah Sesuai Dengan Firman Allah  Dalam Kitab Alquran: Sesungguhnya Orang=2 Yang Beriman Itu Adalah Mereka Yang Apabila Disebut Nama Allah Maka Gemetarlah Hati Mereka Dan Apabila Dibacakan Kepada Mereka Ayat Ayatnya, Bertambah Keimanan Mereka Dan Kepada Allah Mereka Bertawakkal. (Al Anfaal:2).
Siapa Orang Yang Bertawakkal Itu? Jawab Alquran :Yaitu Oran Orang Yang Mendirikan Sholat Dan Yang Menafkahkan Sebagian Dari Rezeki Yang Allah Berikan Kepada Mereka (Al Anfaal:3)  Itulah Orang-2 Yang Beriman Dengan Sebenar-Benarnya (Al Anfaal :4) Dan Kalau Sudah Menjadi Orang Yang Bertawakkal Insha-Allah Maka Di Sukai Oleh Allah Seperti Dalam Firmannya: Sesungguhnya Allah Menyukai Orang-2 Yang Bertawakkal Kepadanya (Bagian Akhir Ayat 159 Surat Ali Imran)
Kiat-Kiat Yang Gampang Untuk Menjadi Orang Beriman Dan Bertawakkal Ilallah Adalah Harus Istiqomah Dalam Menjalani Hidup Kesehariannya, Agar Kita Tetap Hidup Sehat Wal Afiat, Selalu Mendapat Ampunan Allah Serta Rezeki (Nikmat) Yang Mulia, Membawa Berkah Dan Memperoleh Kebajikan Dunia Dan Akherat, Misalnya Dengan 4L+IT Dan 7B.
Operational Hidup Sehat Wal Afiat  4l+It Terdiri Dari:
(1). Lurus Niat! Niat Bekerja, Niat Mencari Rezeki Allah, Niat   Mengabdi Kepada Negara Dan Bangsa, Dsb
(2). Lapang Dada! Jika Dalam Bekerja Ada Kegagalan Atau Tidak Tercapai Target Kerjanya, Dsb. Tidak Boleh Mengeluh Dan Harus Diterima Dengan Lapang Dada Atau Legowo.
(3). Lillahi  Ta` Ala! Artinya Harus Ikhlas Dengan Niat Ibadah Dan Bukan Karena Yang Lainnya. Sehinga Tak Ada Frustasi Dalam Bekerja Dan Selalu Memahami Sikon (Situasi Dan Kondisi).
(4). Lincah Bekerja! Atau Kreatif Dalam Ide-2, Dalam Mencari Terobosan-2 Jalan Hidup Yang Halal Dan Tidak Melanggar Hukum Syari’at Yang Berlaku.
It = Iman Dan Taqwa. “It” Menjadi Dasar Hidup Yang Permanen Bagi Orang Muslim Agar Tetap Taat Kepada Allah Swt Dan Rasul Muhammad Saw. “It” Bisa Di Capai Dengan Menjalankan Rukun Iman Dan Rukun Islam Dengan Se-Baik Baiknya Dan Sebenar-Benarnya Sesuai Dengan Petunjuknya
“It” Penting Untuk Menjalankan Praktek Kehidupan Yang Relatif Tidak Menentu, Mendebarkan, Was Was, Rasa Cemas, Rasa Takut Karena Stress Dan Disisi Lain Agar Tetap Dalam Kondisi Tawakkal Ilallah. Selama Mempraktekkan Kiat Kiat Hidup Di Atas Perlu Merealisasikan 7b Berikut Ini:
(B). Bekerja (Belajar)-Lah Dengan Sebaik Baiknya Atau Berolah Raga-Lah Dengan Teratur Sesuai Dengan Dosis Dan Kemampuannya Untuk Mempertahan Stamina Tubuh  Agar Tetap Dalam Kondisi Yang Prima. Pertimbangkan Kesehatan, Ergonomi Dan Fisiologi Kerja. Hiduplah Dengan Kreteria “Wellness”. Dan Awali Bekerja Dengan Membaca Bismillah Hirrokh Manirr Rokhimi.
(B). Berpuasalah!. Untuk Menjaga Kesehatan. Tsumu Taasikhu Kata Rasulullah Yang Artinya Puasa Itu Menyehatkan! Dan Allah Berfirman:…Tsaumun Lilla, Artinya Puasa Itu Adalah Urusanku!  Allah Memperhitungkan Pahala Orang Yang Berpuasa Sesuai Dengan Keinginannya. Dan Allah Maha Mengetahu Rahasia Puasanya. Berpuasalah Tidak Hanya Bulan Suci Ramadhan Tetapi Berpuasa Di Hari Dan Bulan Yang Lainnya Seperti Puasa Senin-Kamis, Puasa Rajab, Puasa Nisu Sya’ban, Puasa 3-4 Hari Pada Waktu Bulan Purnama,  Semampunya. Bisa Juga Puasa Terus Menerus Dan Puasa Selang Satu Hari Tetapi Rasulullah Saw Tidak Menganjurkannya.
(B). Berzikirlah! Agar Tetap Istiqomah Dalam Menjalankan Tugas Kesehariannya,  Kita Harus Selalu Ingat Kepada Allah Semata Agar Kita Tetap Tawakkal Ilallah Karena Hanya Orang Yang Bertawakkal Itulah Yang Dicintai Allah Dan Allah Yang Akan Mencukupi Keperluannya, Memberikan Petunjuk, Menjamin Dan Menjaganya Dari Godaan Syetan, Sesuai Dengan Firmannya: Dan Barang Siapa Bertawakkal Kepada Allah, Niscaya Allah Akan Mencukupkan (Keperluannya), Memberi Rezeki Dari Arah Yang Tidak Di Sangka-2 Nya. Allah Juga Berfirman Dalam Surat Ar Ra`Ad Ayat 28: ”Ingatlah, Hanya Dengan Mengingat Allah-Lah Hati Menjadi Tentram”. Oleh Karena Itu Maka  Dengan Berzikir Kita Menjadi Lebih Tabah Dan Mantap Bekerja Dalam Menjalani Hidup Ini. Zikir Yang Sering Di Lantunkan Pada Saat Istighozah Ya Boleh. Zikir Yang Dipakai Setelah Sholat Fardu Ya Boleh Dan Zikirlah Yang Mudah Di Hafal. Dan Silahkan Amalkan Bacaan Ini: ”Hasbiyallaahu Laa Ilaaha Illa Huwa ’Alaihi Tawakkaltu Wa Huwa Robbul Arsyil Adhiim” Semampu Anda Bisa, Kapanpun Anda Sempat. Zikirlah Setiap Sa’at  Sesuai Dengan Irama Jantung Berdenyut Dan Selagi Nafas Masih Berlangsung.
Supaya Afdol Zikirnya Ya Harus Ber-”Istighfar, Yaitu Mohon Ampunan Allah Swt. Mengapa? Agar Bertambah Ke-Ta’atannya Kepada Allah, Menambah Kekuatan Iman Dan Taqwa-Nya, Agar Selalu Mendapat Rahmatnya Dan Di Ampuni Dosa-Dosanya. Ber-Istighfar Berarti Ta’at Meneladani Nabi Muhammad Saw. Zikir Dan Istighfar Bagaikan Dua Sisi Mata Uang Yang Tidak Terpisahkan Satu Dengan Lainnya. Ucapkanlah Selama Roh-Mu Masih Melekat Di Badanmu, Insya Allah Anda Akan Selamat Dunia Dan Akherat.
(B). Ber-Amal Sholeh! Dengan Memberi Infaq Dan Shodaqah, Menafkahkan Sebagian Rezeki Yang Diberi Allah Swt. Membayar Zakat Fitrah Dan Zakat Mal Kepada Orang Yang Telah Ditetapkan Allah Untuk Menerimanya. Jika Tidak Punya Harta Ya Boleh Mendarma Baktikan Tenaga Dan Ilmunya. Karena Amal Sholeh Bagi Orang Muslim Menjadi  Salah Satu Prasyarat Orang Beriman Dan Bertaqwa Kepada Allah
(B). Ber- Shalawatlah ! Mengucapkan Selawat Kepada Rasulullah Muhammad Saw.  ”Allahumma Sholli Ala Muhammadin Wa Ala’ Ali Muhammadin Wabarik Wasshalim”. Atau Salawat Yang Agak Panjang Ya Boleh! Dalam Dunia Thoriqoh Naqshbandi Muhibeen, Siapa Yang Mau Mengucapkan Selawat Kepada Muhammad Saw: ”He Will Be Present With You To Return The Greetings And The Light Of Muhammad Burns Away Evilness”. Mengucap Salawat Nabi Menunjukkan Kita Taat Kepada Rasul Dan Jika Taat Kepada Rasul Berarti Taat Kepada Allah Swt, Seperti Firman Allah Diatas.
(B). Bersyukurlah. Konsep Hidup Selalu Bersyukur Kepada Allah Swt Atas Nikmat-Nikmat Telah Diberikannya Adalah Absolut Wajib Dilaksanakan Bagi Orang Muslim. Karena Jika Tidak Dilaksanakan Maka Adzab-Lah Yang Akan Diterima Sesudahnya. Firman Allah Swt Dalam Surat Ibrahim Ayat 7: ”La In Shakartum La Azii Nadanakum” Artinya Sesungguhnya Jika Kamu Bersyukur, Pasti Kami (Allah)  Menambah (Ni`Mat) Kepadamu,  Wa La In Kafartum  In Na Adzaabii  La Shadiidun Artinya Dan Jika Kamu Mengingkari (Ni`Matku) Maka Sesungguhnya Azabku Sangat Pedih.  Ucapkan Selalu Alhamdulillah Wa Syukurillah La Haula Wala Kuwata Illa Billa Aliyul Arsyil Azim. Dalam Alquranul Karim Banyak Ayat-Ayat Yang Menerangkan Manfaat Rasa  Syukur Kepada Allah, Silahkan Membacanya Dan Mempelajarinya. Ucapan Yang Mudah Adalah Alhamdu Lillahi Rabbil Alamin. Dan Semua Aktivitas Dan Doa Harus Di Tutup Dengan Alhamdu Lillahi Rabbil Alamin (Yunus: 10)

(B) Bersabarlah! Kunci Sukses Adalah ”Be Patient Please” Atau Bersabarlah, Artinya Mau Menunggu Dengan Sabar Nikmat Dan Karunia Allah Swt. Menguraikan Masalah Sabar Ini,  Allah Sendiri Sampai Bersumpah Dalam Suratnya Al’ashr: Bismillahi Rrokhmaanirr Rokhimii
(1) Wal Asri
(2) In Nal Insanaa Lafi Khussri
(3) Illal Ladziina Amanuu Wa Amiluus Sholikhaati Wa Tawaa Shaubil Khaq Qi  Wa Tawa Shaubil Shaubis Shab-Ri
Nah Untuk Yang Ini Harus Banyak Berlatih Sabar Dan Insha Allah Dengan Berpuasa, Berzikir, Bersalawat Dan Bersyukur Akan Dapat Melatih Kesabaran Kita. Berolah Raga, Berzikir Dan Berpuasa Akan Cukup Merangsang Pengeluaran Endorfin Dan Enkefalin Agar Mampu Menahan Rangsangan Rasa Sakit, Yang Sering Menimbulkan Ketidak Nyamanan Dalam Hidup Dan Berujung Kepada Ketidak Sabaran. Hormon-2 Tersebut Mampu Merangsang Pusat-Pusat Hedonik (Kesenangan) Yang Memberikan Rasa Senang Kepada Yang Bersangkutan. Oleh Karena Itu, Jika Orang Bersangkutan Selalu Enjoy Biasanya Ya Sabar, Insha Allah. Wallahu ‘Alam Bi Sawab.
Wamin Allah At Tawfiq Hidayah Wal Inayah  Wassalamu’ Alaikum Warokhmatullahi Wabarakatu,
Alhamdulillahi Robbil Alamin.
DR.IBNU MASUD,MS ditulis kembali oleh -(WP)-

%d bloggers like this: