Seminar Nasional Optimalisasi Layanan Rujukan (Referensi) di Abad 21 Rabu,28 Januari 2015

Daimul.khoir

Librarian Brawijaya University

Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan thema, “OPTIMALISASI LAYANAN RUJUKAN(REFERENSI) DI ABAD 21 RABU,28 JANUARI 2015”: Menggagas Peran Pustakawan . Acara akan berlangsung pada Rabu, 28 Januari 2015, pukul 08.30.00 – 12.25, di Ruang Seminar Perpustakaan UB Jl. Veteran Malang. Adapun sebagai narasumber yaitu, Drs.Purwono Proyodiwiryo,SIP.M,Hum, dosen Universitas Indonesia/Pustakawan senior yang ahli dalam Penelusuran Informasi.
Pada era global ini salah satu fungsi perpustakaan yang harus selalu didorong adalah pada fungsi informasi. Bagaimana perpustakaan merevitalisasi diri agar menjadi alternatif rujukan sumber informasi yang berdampingan dengan informasi dunia maya. Secara faktual dunia maya mampu memberikan beragam pilihan informasi dengan proses yang sangat mudah untuk mendapatkannya, namun dapat diperdebatkan validitasnya. Peluang perpustakaan untuk bersaing dengan dunia maya terletak pada validitas informasi yang disajikan. Jika mampu menjadikan dunia maya sebagai sarana dan bukan sebuah ancaman, nicaya karya intelektual yang dimiliki dapat disebarluaskan secara luas dan menjadi rujukan bagi kepentingan eksplorasi ilmu pengetahuan.
Kemudahan akses atas sebuah informasi bukan tidak berdampak negatif. Dunia akademik, sebuah entitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai akademik, pernah dikejutkan oleh terkuaknya beberapa kasus plagiarisme oknum akademisi. Tentu, hal ini mencederai dunia akademik yang menjunjung tinggi kebenaran, menghargai karya intelektual untuk memajukan ilmu pengetahuan bagi perkembangan peradaban bangsa. Oleh karena itu diperlukan sebuah perlindungan agar karya yang dihasilkan oleh seseorang/sekelompok orang tidak diambil oleh orang lain dan dinyatakan sebagai karyanya. Bukan sekedar itikad baik untuk tidak melakukan plagiarisme, terkadang intervensi diperlukan untuk memberi sebuah pemahaman agar rujukan yang digunakan tidak dikelompokkan dalam plagiarisme.
Bagi yang tertarik acara ini dapat menghubungi :
1. Emi Sukartini, HP: 081333290761
2. Kety. HP: 085815215599
3. Perpustakaan UB, Telp. (0341) 571032.

%d bloggers like this: