Visi, Misi, Moto, Maklumat, dan Etika Layanan Perpustakaan

Visi

Seiring dengan visi Universitas Brawijaya yang tercakup dalam Tridarma Perguruan Tinggi maka visi Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya adalah menjadi manager pengetahuan yang terkemuka ( an excellence knowledge manager) dengan layanan dan pengolahan berbasis teknologi informasi untuk menyediakan kepuasan pengguna dan meningkatkan penyerapan dan pemanfaatan bersama pengetahuan ( knowledge transfer and sharing ) antar civitas academica.

Misi

Untuk mewujudkan visi di atas maka perpustakaan memiliki misi sebagai berikut:

  • Peningkatan pembangkitan ( generating ), pengumpulan ( collecting ), pengemasan ( packaging ), penyebaran ( distribution ) dan pelestarian ( preservation ) kekayaan ilmiah Universitas Brawijaya.
  • Menyediakan suatu bentuk informasi yang berkualitas bagi analisis dan pengambilan keputusan ( decision support system ) yang bermanfaat bagi pengembangan kegiatan akademik Universitas Brawijaya di masa sekarang dan mendatang.
  • Meningkatkan cara dan proses disseminasi koleksi yang telah dimiliki lebih efisien dan efektif.
  • Meningkatkan keragaman cara dan kecepatan akses sumber-sumber kekayaan ilmiah bagi pengguna.
  • Meningkatkan mutu layanan dan kelayakan fasilitas kepada pengguna sebagai salah satu sarana penyokong proses kegiatan belajar dan mengajar.
  • Menunjang sistem jaringan informasi pada perguruan tinggi di tingkat regional, nasional dan internasional.

Motto, Maklumat, dan Etika Layanan Perpustakaan
Motto Perpustakaan adalah Memberi layanan dengan hati nurani

Sedangkan maklumat layanan antara lain:
Perpustakaan Universitas Brawijaya bertekad menyelenggarakan layanan berkualitas, berstandar internasional guna membangun kepercayaan dan kepuasan stakeholder.

Etika Layanan perpustakaan:
1. Mengawali senyuman, salam, sapa dan sopan santun.
2. Memakai identitas pengenal sebagai staf perpustakaan.
3. Memahami dan melaksanakan tugas kepustakawanan secara professional.
4. Bersikap adil dan mengutamakan kepentingan pemustaka.

Tujuan
Seluruh kegiatan Perpustakaan UB ditujukan untuk:
a. Menyediakan dan menyebarkan sumber informasi ilmiah, dalam rangka proses belajar mengajar civitas akademika UB, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas, mandiri dan profesional yang diterima di tingkat lokal, nasional dan internasional.
b. Membantu meningkatkan kemampuan UB dalam menjalankan fungsi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat (community service).
c. Menyelenggarakan layanan perpustakaan berstandar internasional untuk menunjang UB menuju world class entrepreneurial university.