Forum Discussion Group Menristekdikti

Perpustakaan UB bekerjasama dengan Perpustakaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengadakan FGD (Forum Discussion Group) pada tanggal 29 November 2017. Acara ini diadakan di Ruang Flash Lounge Telkomsel, Gedung Perpustakaan Lantai 2. Adapun peserta yang diundang dalam acara ini adalah para kepala perpustakaan dari PTN dan PTS di Malang.

Tujuan diadakannya Forum Discussion Group ini adalah untuk memperkenalkan Portal Perpustakaan Ristekdikti yang beralamat di: www.perpustakaan.ristekdikti.go.id. Perpustakaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) merupakan perpustakaan utama di lingkungan Kemenristekdikti yang akan dibuka secara resmi pada tahun 2018 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Perpustakaan Kemenristekdikti memiliki koleksi dalam bentuk tercetak maupun digital.

Demi menunjang kebutuhan pemustaka untuk mengembangkan ilmu pengetahuan secara luas di bidang IPTEK maupun DIKTI, maka Perpustakaan Kemenristekdikti berkolaborasi dengan Perpustakaan LPNK yang dikoordinasikan oleh Kemenristekdikti yaitu BATAN, BPPT, LIPI, BSN, BAPETEN dan LAPAN serta satker seluruh PTN di Indonesia untuk mensinkronisasi database koleksi perpustakaan agar menjadi satu kesatuan database yang terintegrasi dan dapat ditelusuri oleh pengguna dalam satu sistem. Dengan demikian, diharapkan Perpustakaan Kemenristekdikti dapat menjadi referensi untuk penelitian dan sumber informasi ilmiah bagi peneliti, mahasiswa, maupun masyarakat umum seluruh Indonesia.

Melalui acara Forum Discussion Group ini, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi meminta kesediaan perpustakaan PTN dan PTS di Malang untuk berpartisipasi dan mendukung portal Perpustakaan Ristekdikti.

Selain itu juga, diberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengajukan tanya jawab. Salah satu permintaan yang mewakili aspirasi mayoritas peserta adalah agar Menristekdikti melanggan berbagai jurnal baik nasional dan internasional untuk kemudian dishare kepada seluruh perpustakaan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Pengadaan koleksi jurnal internasional memang masih menjadi kendala terkait biayanya yang cukup mahal, terutama dirasakan oleh perpustakaan PTS.

Tak hanya itu saja, Staf Pendamping Ahli Perpustakaan UB Dra. Welmin S A, M.Lib juga meminta klarifikasi tentang edaran Menristekdiktim bahwa Perpustakaan Perguruan Tinggi tidak membutuhkan Pustakawan Utama. Hal ini menjadi isu yang meresahkan para pustakawan di tanah air karena peran pustakawan utama sangatlah penting dalam menunjang perpustakaan perguruan tinggi dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai jantung universitas.

Ibu Welmin juga menanyakan tentang portal Garuda yang kini sudah tidak aktif kembali. Sebagai informasi, Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal penemuan referensi ilmiah dan umum karya bangsa Indonesia, yang memungkinkan akses e-journal dan e-book domestik, tugas akhir mahasiswa, laporan penelitian, serta karya umum. Portal ini dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dikti.

Beliau sangat menyayangkan Garuda sudah tidak aktif lagi karena keberadaan Garuda diharapkan menjadi sumber rujukan nasional yang mengumpulkan semua karya ilmiah dan jurnal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Dengan kata lain, Portal Perpustakaan Ristekdikti yang akan diresmikan tahun depan sebenarnya dari segi definisi, tujuan dan manfaatnya sama dengan portal Garuda yang sekarang sudah tidak aktif lagi. Setelah acara diskusi, seperti biasa Kepala Perpustakaan UB mengajak rombongan Kemenristekdikti melakukan library tour.

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: