Kebutuhan Student Employee

Sehubungan dengan Program Kerja Pengembangan inlislite versi 3 pada tahun 2018 dan mendesaknya kebutuhan Kustomisasi aplikasi inlislite3 disesuaikan dengan Business Proses di Perpustakaan UB, Adapun beberapa aspek yang perlu dikembangkan dalam waktu dekat ini antara lain:

  1. Efisiensi struktur database di inlislite3 agar bisa lebih optimal kinerja dan kecepatannya disesuaikan dengan kebutuhan Perpustakaan UB. Selama ini terlalu banyaknya tabel dan normalisasi database yang belum optimal memperberat kinerja database sehingga beberapa kasus terjadi error yang sangat mengganggu kinerja dan layanan di perpustakaan UB.
  2. Penambahan dan Kustomisasi interface Web Aplikasi dan apabila diperlukan berbasis desktop yang user friendly bagi Operator, Petugas dan Pemustaka untuk beberapa modul, diantaranya :
    1. Perubahan Mock Up/ Interface Web Utama Inlislite 3.
    2. Perubahan Dasboard Tampilan Struktur Menu di inlislite.
    3. Perubahan Beberapa Menu dan Item Menu di Sirkulasi.
  3. Pengembangan aplikasi inlislite3 yang mendukung multiplatform database dan interoperabilitas dengan aplikasi lain di UB serta kompatibilitasnya dengan teknologi RFID dan NFC.
  4. Patching Security Aplikasi , Server dan Database sehingga dijamin aman.

Mendesaknya kebutuhan  tersebut di atas, maka Bidang Teknologi Informasi memerlukan penambahan 2 orang personil “student employee” (kualifikasi terlampir), yang khusus ditugaskan membantu Koordinator Sub Bidang Perangkat Lunak dalam kegiatan:

  1. Identifikasi lebih lanjut kebutuhan pengembangan dan kelemahan Inlislite.
  2. Pemetaan dan Penyempurnaan aplikasi Inlislite3 disesuaikan interface dan format database yang menyesuaikan kebutuhan Perpustakaan UB

Melakukan proses uji kelayakan aplikasi dan database secara intens dan terukur sehingga aplikasi layak digunakan.

[box]

Kualifikasi Student Employee

  1. Pria/Wanita, Jurusan terkait bidang IT.
  2. Bersedia bekerja paruh waktu (4 jam per-Hari), penempatan di Bidang TI Perpustakaan.
  3. Memiliki kemampuan Pemrograman DBMS Multiplatform terutama MySQL, Maria DB, SQL Server, DB2.
  4. Menguasai Bahasa pemrograman web berbasis PHP. Diutamakan yang menguasai konsep MVC menggunakan, CodeIgniter Framework atau Yii Framework.
  5. Menguasai konsep dan teknik interkoneksi antar sistem menggunakan web service.
  6. Mampu melakukan optimasi algoritma untuk aplikasi web yang jumlah pengguna dan jumlah transaksinya tinggi.
  7. Memiliki kemampuan problem solving yang baik, dapat bekerja dalam tim, dan bersedia mengikuti peraturan yang berlaku di lingkungan Perpustakaan.
  8. Diutamakan punya pengalaman mengembangkan aplikasi berbasis web atau telah mengembangkan minimal 1 aplikasi berbasis web dan atau mobile.
  9. Diutamakan memiliki pengalaman programming, Software Design, Software Debugging, Software Documentation, dan Software Testing.

Surat Lamaran ditujukan ke Kepala Perpustakaan UB.

[/box]