Kunjungan dari Prodi Perpustakaan UPI Bandung

Perpustakaan UB kembali menerima kunjungan dari universitas lain pada tanggal 8 November 2017. Kali ini yang berkunjung adalah rombongan Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung . Rombongan yang tiba pukul setengah dua siang ini terdiri dari para mahasiswa, dosen dan laboran.

Rombongan UPI diterima oleh para koordinator bidang di Ruangan Telkomsel Lounge yang berada di lantai 2. Dalam sesi perkenalan, Bapak Gema Rullyana, S.Pd., M.I.Kom, dosen rombongan Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan menyatakan bahwa kedatangan mereka ke Perpustakaan UB untuk menimba ilmu pada Perpustakaan UB tentang dunia perpustakaan.

Agar sharing berjalan efektif maka diberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan mulai dari A sampai Z tentang Perpustakaan UB. Salah satu pertanyaan yang diajukan mahasiswa yaitu program apa yang dipakai oleh Perpustakaan dalam mengelola koleksi dan melayani mahasiswa.

Bapak Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si,M.Si selaku Koordinator Bidang Teknologi Informasi menjelaskan bahwa Perpustakaan UB menggunakan program INLIS Lite V3.0 karena INLIS Lite dibangun dan dikembangkan secara resmi oleh Perpustakaan Nasional RI dalam rangka menghimpun koleksi nasional dalam jejaring Perpustakaan Digital Nasional Indonesia, disamping membantu upaya pengembangan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia. Dengan demikian koleksi Perpustakaan UB akan ditampilkan juga dalam Indonesia One Search sehingga lebih banyak orang yang akan mengaksesnya.

Rombongan dari UPI juga melakukan Library Tour dengan  dipandu oleh Bapak Agung Suprapto,S.Sos.,MA. Bapak Agung mengajak para mahasiswa UPI melihat setiap ruangan di Perpustakaan UB mulai dari Ruang Label Merah hingga Ruang Skripsi. Tak ketinggalan juga, rombongan UPI melihat secara langsung proses pengolahan koleksi di Ruang Pengolahan dan Digitalisasi. Dengan demikian para mahasiswa bisa sharing dengan para staf pengolahan guna menambah ilmu dan wawasan mereka tentang dunia perpustakaan.

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: