Kunjungan Maba FK dari Malaysia

Pada tanggal 11 Agustus 2016 Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya menerima kunjungan dari rombongan mahasiwa baru Fakultas Kedokteran UB yang berasal dari Malaysia. Mahasiswa sejumlah 14 orang ini mengunjungi Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya untuk sosialisasi atau pengenalan perpustakaan.

Dengan dipandu Bapak Dedy Gusra-Bagian Layanan Informasi Kecendekiawanan-mereka melihat satu per satu ruangan dan fasilitas perpustakaan. Dimulai dari penjelasan tentang prosedur masuk perpustakaan, melihat bagian depan yang meliputi loker, keanggotaan, sirkulasi, multimedia dan free internet. Sebagai mahasiswa baru wajib memahami bagaimana prosedur masuk ke perpustakaan agar bisa menggunakan layanan perpustakaan dengan baik.

Dari lantai satu, Pak Dedy mengajak para maba ke lantai dua untuk melihat koleksi perpustakaan di Ruang Label Merah, Label Putih, Referensi dan Serial. Di sini, para maba ditunjukkan dijelaskan tentang apa aja jenis-jenis koleksinya dan bagaimana melakukan penelusuruan koleksi melalui OPAC (Online Public Acces Catalog). Tidak hanya itu saja, para maba FK ini juga diajari secara langsung oleh para petugas di masing-masing ruangan bagaimana mencari buku di rak.

Ruangan selanjutnya yang dikunjungi adalah Ruangan Skripsi dan Tesis. Di sini para maba diajak melihat koleksi karya ilmiah dari civitas akademika UB. Pada kesempatan ini, kami mencoba mencari tahu apa motivasi para anak muda dari Malaysia ini menuntut ilmu hingga ke Indonesia, khususnya UB.

Rata-rata menjawab jika kualitas pendidikan UB yang sudah teruji kualitasnya menjadi motivasi utama. Terlebih untuk jurusan Kedokteran dimana saat KOAS para mahasiswa mendapatkan kesempatan memeriksa pasien secara langsung, berbeda dengan di Malaysia yang menggunakan robot sebagai objek pemeriksaan. Lalu juga lingkungan dan iklim di Malang yang sejuk dan nyaman untuk belajar membuat mereka memilih belajar di UB.

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: