Mahasiswa S2 Fakultas Perikanan Melakukan Literasi Informasi

Perpustakaan UB melanggan 10 database e-journal dan 1 e-book international online dan 1 e-book perpetual yang terdiri dari 17 macam. Koleksi e-journal dan e-book ini disediakan bagi civitas akademika UB yang akan melakukan literasi informasi untuk peneltian atau penulisan karya ilmiah.

Pada tanggal 19 April 2016 yang lalu, enam mahasiswa S2 Double Degree dari Fakultas Perikanan datang ke Perpustakaan UB untuk mencari e-journal guna penelitian mereka tentang antivirus untuk ikan kerapu (Chromileptes Altivelis) dari pigmen protein halimeda. Mereka melakukan literasi informasi dengan bimbingan Ibu Dr.Ir Umi Zakiyah.MSi, selaku dosen mata kuliah Colloqium dan staf perpustakaan Christinia Minarso di Ruang Multimedia.

IMG_4456

Menurut salah satu mahasiswa dari rombongan Fakultas Perikanan UB, Rika Wahyuningtyas, koleksi e-journal di Perpustakaan UB sangat lengkap. Rika menggunakan jurnal Science Direct untuk mencari literatur penelitian mereka.

Ibu Umi menuturkan bahwa beliau baru mengetahui jika Perpustakaan UB memiliki koleksi e-journal dan e-book yang lengkap dari sosialisasi PPF (Pustakawan Penghubung Fakultas) yang datang ke Fakultas Perikanan beberapa waktu yang lalu.

IMG_4464

Ibu Umi berencana juga akan mengajak mahasiswa dari S2 Reguler dan S1 ke Perpustakaan UB untuk melakukan literasi informasi. Jumlah mahasiswa yang akan diajak sekitar 24 orang sehingga beliau berharap Perpustakaan UB menyediakan fasilitas berupa ruangan tersendiri.

Memang sudah seharusnya Perpustakaan UB menyediakan ruangan Literasi Informasi khusus bagi para mahasiswa dan dosen yang sedang melakukan penelitian. Dengan diberikan ruangan khusus, maka mereka bisa lebih berkonsentrasi dalam melakukan penelusuran informasi. Semoga hal ini menjadi perhatian dari pihak Rektorat bahwa Perpustakaan UB saat ini benar-benar membutuhkan penambahan gedung.

 

 

 

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: