Panduan Pengurusan Bebas Pustaka ONLINE

Berdasarkan Surat Edaran Rektor Nomor: 3071/UN10/HK.05.4/2020 tanggal 26 Maret 2020 tentang Peningkatan Tindakan Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), maka UPT Perpustakaan Universitas Brawijaya menghentikan layanan fisik mulai tanggal 01 April 2020 sampai dengan tanggal 31 Mei 2020 dan hanya membuka layanan online.

Salah satu layanan online yang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa adalah Bebas Pustaka. Layanan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan yudisium sebagai syarat kelulusan.

Untuk mendapatkan form Bebas Pustaka atau Bebas Tanggungan ini, mahasiswa yang bersangkutan tidak boleh memiliki tanggungan buku buku dan denda keterlambatan pengembalian buku di Perpustakaan UB. Layanan Bebas Pustaka bisa diakses di website resmi Perpustakaan UB dengan memilih menu Bebas Pustaka.

Adapun panduan untuk mengurus Bebas Pustaka ini sebagai berikut:

 

  1. Mahasiswa membuka website Perpustakaan UB: https://lib.ub.ac.id/, pilih menu “Bebas Pustaka”. Bebas Pustaka/ Bebas Tanggungan diperuntukkan bagi Mahasiswa Semester Akhir.
  2. Mahasiswa melakukan pengisian data pada “Forms Bebas Tanggungan”.  Dalam form ini mahasiswa diminta mengunggah foto atau hasil scan bukti pembayaran Sumbangan Alumni UB sebesar Rp. 50.000 (JPEG, JPG, PNG). Yakinkan transfer sumbangan alumni ke rekening Bank Mandiri no. 1440008777994 an. RPL 032 UB BLU Unit Perpus.
  3. Selain itu juga jika mahasiswa sedang mengangsur denda buku maka wajib mengunggah juga foto atau hasil scan pelunasan angsuran denda buku.

 

Setelah melakukan semua step di atas, maka mahasiswa tinggal menunggu petugas untuk melakukan pengecekan untuk memastikan kelengkapan isian Database Form Bebas Tanggungan. Selain itu juga petugas akan mengecek apakah mahasiswa yang bersangkutan memiliki tanggungan seperti pengembalian, menghilangkan dan denda buku.

Adapun Form Bukti Bebas Pustaka (Tanggungan) yang diberikan Perpustakaan UB ada 2 macam yaitu:

  1. Bebas Tanggungan Murni apabila mahasiswa tidak memiliki tanggungan di perpustakaan.
  2. Bebas Tanggungan Bersyarat apabila mahasiswa masih mempunyai tanggungan pengembalian, menghilangkan dan denda buku.

Form Bebas Tanggungan yang sudah ditandatangani dan distempel resmi oleh Perpustakaan UB akan dikirimkan ke email mahasiswa yang bersangkutan. Secara otomatis status mahasiswa aktif akan berubah menjadi bebas tanggungan perpustakaan.

Mohon diperhatikan sekali lagi bahwa form Bebas Tanggungan (Pustaka) ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan yudisium sebagai syarat kelulusan. Jadi bagi para mahasiswa yang belum akan LULUS apalagi masih MABA namun masih memiliki tanggungan buku TIDAK PERLU mengisi form Bebas Pustaka.

Jika buku yang Anda pinjam jatuh tempo mulai tanggal 18 Maret 2020 sampai dengan 31 Mei 2020 tidak perlu panik karena denda selama periode tersebut ditiadakan.

 

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: