Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 1

Perpustakaan UB pada hari ini, Selasa 23 Februari 2021 mengadakan Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 1. Pelatihan yang diadakan secara live via Zoom ini diikuti oleh para civitas akademika UB sebanyak 153 orang. Sebenarnya di WAG Peserta Pelatihan Literasi Informasi jumlah peserta hampir mencapai 300 orang, sesuai dengan target. Namun saat hari H ternyata banyak yang tidak join di pelatihan disebabkan satu dan lain hal.

Adapun yang menjadi pemateri dalam Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 1 ini antara lain:

  1. Agung Suprapto, S.Sos., MA: Pengenalan Layanan Online Perpustakaan UB
  2. Ir. Heri Prayitno: Pemanfaatan Single Sign On (SSO) Remote Xs dan Repository UB
  3. Dra. Widia Permana, S.Sos., M.AB: Optimalisasi Penelusuran E-Resources yang dilanggan UB

Pemaparan materi dalam Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 1 ini menggunakan system hybrid classroom yaitu menggabungkan model pembelajaran tatap muka (face to face) dengan pembelajaran jarak jauh (online). Sehingga pemateri bisa lebih aktraktif dalam menyampaikan materi dan peserta juga lebih mudah memahami dan tidak bosan.

“Layanan Perpustakaan selama pandemi mengalami beberapa perubahan. Pada bulan Januari 2020 Layanan Perpustakaan Tutup secara Fisik. Hanya melayani Serah Simpan TA, Bebas Tanggungan, pemesanan Repositori UB secara Daring. Kemudian pada bulan Juni 2020 Layanan Perpustakaan di buka secara Physical Distancing / jaga jarak. Hanya melayani pengembalian buku saja secara fisik. Kemudian pada bulan Oktober 2020 layanan Perpustakaan menambah layanan peminjaman buku dengan pemesanan buku secara daring dan pengambilan buku secara fisik,” tutur Pak Agung dalam presentasinya tentang Layanan Online Perpustakaan UB.

Sementara itu Ibu Widia mengajarkan kepada para peserta pelatihan tentang cara penelusuran koleksi e-resources Perpustakaan UB secara efektif dan efisien. Kemampuan penelusuran ini sangat penting dan dibutuhkan oleh mahasiswa dan dosen, baik untuk mengerjakan tugas, menyusun tugas akhir dan mencari sumber referensi untuk penelitian.

Cukup banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta dalam sesi tanya jawab. Seorang mahasiswa baru menanyakan apakah mahasiswa baru yang belum memiliki KTM bisa meminjam buku secara online. Pak Agung menjawab bahwa mahasiswa baru bisa meminjam buku menggunakan KTMS. Lalu untuk perpanjangan buku saat ini belum bisa secara online dan untuk buku yang jatuh tempo tahun 2019 (sebelum pandemi) tetap terkena denda sementara untuk masa pandemi tidak dikenakan denda.

Sementara itu Santi Duwimustaroh, pengelola Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri (TIP, FTP) menanyakan apakah beliau bisa mendaftar di Remote Xs menggunakan email  fakultas yaitu industria@ub.ac.id. Karena Ibu Santi juga memerlukan untuk membuka jurnal yang dilanggan UB ketika sedang berada di luar institusi. Oleh Ibu Widia dijawab kalau Ibu Santi bisa mendaftarkan diri menggunakan email tersebut.

Demikianlah berita tentang Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 1, semoga bermanfaat. Bagi Anda yang kemarin belum sempat mengikuti silakan mendaftarkan diri di Angkatan 2 pada link berikut: http://bit.ly/LiterasiUB02

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: