Pelatihan Pemanfaatan E-Journal Emerald dan APS

Pada tanggal 3 Maret 2016, Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya mengadakan Pelatihan Pemanfaatan E-Journal Emerald dan APS (American Physical Society) di Ruang Pertemuan 1. Acara ini diikuti oleh para dosen, kaprodi, petugas ruang baca fakultas MIPA dan Teknik serta para pustakawan Perpustakaan Pusat UB.

Pelatihan Pemanfaatan E-Journal Emerald dan APS (American Physical Society) ini diadakan agar para civitas akademika dapat memanfaatkan E-Journal Emerald dan APS secara optimal. Pembicara dalam pelatihan ini adalah Ririana selaku perwakilan dari igroupnet, penyedia Emerald dan APS. Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya sudah melanggan kedua e-journal ini sejak November 2015 dan harus diperbarui kembali setahun lagi.

Mengawali pelatihan, Ririana menjelaskan tentang tahun akses dari jurnal-jurnal yang menjadi subjek pelatihan pada pagi itu. Jurnal Emerald memiliki tahun akses mulai 1994 hingga sekarang dan APS mulai dari tahun 2005 hingga sekarang.

PELATIHAN EJOURNAL 2

Selanjutnya Ririana mendemokan kepada para peserta bagaimana cara pemanfaatan e-jurnal Emerald dan APS. Langkah awal harus dilakukan adalah membuka website Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya, kemudian kita tinggal klik pada icon e-jurnal yang sedang kita cari pada side bar sebelah kanan. Ketika  klik icon Emerald maka  akan langsung terakses pada website Emerald yaitu http://www.emeraldinsight.com/. Demikian juga ketika  klik icon APS maka akan terkoneksi pada website APS yaitu https://journals.aps.org/ .

Pada e-jurnal Emerald, dapat dipilih jurnal dari berbagai disipilin ilmu antara lain: Accounting & Finance, Economics, Education, Engineering, Health & Social Care, HR & Organizational Behaviour, Information & Knowledge Management, Library & Information Science, Management Science & Operations dan masih banyak lagi disiplin ilmu lainnya.

Pada setiap jurnal terdapat dua macam icon key yakni kotak hijau penuh dan kotak hijau setengah. Kotak hijau penuh artinya kita mendapatkan akses penuh pada jurnal tersebut, artinya kita bisa membaca bahkan mengunduh seluruh isi jurnal secara lengkap. Sedangkan kotak hijau setengah artinya kita hanya memiliki akses sebagian pada jurnal tersebut, artinya kita hanya bisa membaca sebagian dari jurnal tersebut misalnya bagian abstract-nya saja. Akses setengah ini biasanya hanya pada jurnal yang terbit sebelum tahun akses yang sudah disediakan oleh igroupnet.

PARA PESERTA

Pencarian jurnal bisa langsung dilakukan dengan cara menuliskan subjek, judul atau kata kunci pada kotak pencarian (box search). Kita bisa juga memilih advanced search untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik.

Acara pelatihan ini berjalan dengan interaktif dimana Ririana mengajak para peserta untuk praktik langsung melakukan penelusuran jurnal. Selain itu juga dibuka sesi tanya jawab bagi para peserta yang mengalami kesulitan atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang Emerald dan APS.

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: