Pemanfaatan Turnitin oleh Mahasiswa S3

Menjadi suatu kebahagiaan bagi Perpustakaan UB jika layanan dan fasilitas yang disediakan dimanfaatkan dengan baik oleh para pemustakanya. Seperti yang dilakukan oleh Prof. Ir. Simon Bambang Widjanarko, PhD. Yang mengajak mahasiswa Pasca Sarjana S3 untuk mencoba aplikasi Turtinin di Ruang Multimedia, Perpustakaan UB Lantai 1.

Aplikasi Turnitin adalah aplikasi yang dilanggan UB dari vendor asal Amerika Serikat. Aplikasi ini berfungsi untuk mendeteksi kesamaan hasil tulisan ilmiah atau dikenal sebagai plagiatisasi. UB memberikan jatah 40 username dan password untuk masing-masing fakultas, apabila pada tahap pertama ini pemanfaatan Turnitin maksimal, maka Rektor akan menambah kuota username dan password menjadi 6000 user.

Sosialasi tentang penggunaan Turnitin ini sudah pernah dilaksanakan oleh Perpustakaan UB ke beberapa fakultas pada tahun 2016. Untuk mendapatkan username dan password, masing-masing fakultas harus mengirim nama dan alamat e-mail manual dan e-list ke Peprustakaan UB. Selanjutnya masing-masing fakultas bisa mengajukan permohonan untuk mendapat bimbingan/workshop  penggunaan aplikasi Turnitin dari Perpustakaan.

Untuk itu, kami mengundang kepada para pemustaka yang lain untuk datang ke Perpustakaan UB jika ingin belajar lebih lanjut tentang aplikasi Turnitin ini. Staff kami di Ruang Multimedia yaitu Ibu Emy Sukartini dan Bapak Dedy Gusra, S.Ag siap membantu dan membimbing Anda.

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: