Penelitian Perdana Pustakawan UB

Tugas seorang pustakawan tidak hanya sebatas mengolah bahan koleksi dan melayani para pengunjung perpustakaan, namun ada tugas pokok lainnya yang tidak boleh dikesampingkan yaitu membuat karya tulis atau karya ilmiah di bidang kepustakawanan. Namun sayangnya tugas pokok yang satu ini sering tidak dapat terlaksana baik karena faktor budaya literasi atau kebiasaan membaca dan menulis yang rendah.

Kewajiban penulisan karya ilmiah bagi pustakawan telah tertuang dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 9 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. pada butir V Pengembangan profesi pustakawan disampaikan bahwa membuat karya tulis/karya ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah dengan gagasan sendiri dalam bidang kepustakawanan merupakan suatu prasyarat untuk kenaikan pangkat baik dipublikasikan maupun tidak bagi semua jenjang, sehinggga mengharuskan pustakawan UB untuk mampu menuliskan ide-idenya dalam bentuk karya ilmiah.

Perpustakaan UB selama ini telah melakukan pembinaan dan penugasan kepada para pustakawannya untuk melalukan penelitian agar dapat dituangkan dalam karya tulis/karya ilmiah.  Pada awal tahun 2016 ini, penelitian yang dilakukan oleh Ibu Dra. Widia Permana, S.Sos.,MAB., Kurniasih Yuni Pratiwi,S.Sos.;  Bambang Supriyanto dan Maria Desi Swista Dewi, SIP., S.Pd berjudul Pengaruh Ketersediaan Koleksi Skripsi Brawijaya Knowledge Garden (BKG) Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Ilmiah Mahasiswa Program Sarjana Universitas Brawijaya. (Studi pada Perpustakaan UB).

Adapun latar belakang penelitian ini adalah jumlah koleksi Brawijaya Knowledge Garden (BKG) khusunya skripsi selalu seiring dengan jumlah kelulusan mahasiswa program sarjana UB. Mahasiswa UB program sarjana menduduki jumlah lebih dari 80% dari  jumlah mahasiswa UB secara keseluruhan. Selama ini belum pernah dilakukan kajian maupun penelitian tentang koleksi BKG sehingga belum dapat diketahui sejauhmana keterpakaiannya dan dijadikan sumber bahan rujukan untuk penulisan karya ilmiah serta informasi seperti apa yang dibutuhkan pemustaka dalam pemenuhan informasi untuk penyusunan karya ilmiahnya.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca Vol 32, No.1, Januari-Juni 2016. Jurnal ini diterbitkan oleh UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya, Palembang.

Semoga dengan penelitian perdana Pustawakan UB ini mampu memberikan sumbangsih ilmu bagi dunia kepustakawanan di Indonesia dan Perpustakaan UB pada khususnya, serta dapat memberikan inspirasi bagi pustawakan UB untuk mengikuti jejak mereka, Aamiin.

 

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: