Presentasi CNKI di Perpustakaan UB

Pada tanggal 27 Oktober 2017, Perpustakaan UB menerima kunjungan dari CNKI.  CNKI merupakan kependekan dari China National Knowledge Infrastructure, 中国 知网). CNKI adalah proyek konstruksi informasi utama nasional di bawah pimpinan Universitas Tsinghua yang didukung oleh Kementerian Pendidikan RRT, Kementerian Lingkungan Hidup serta Departemen Pers dan Publikasi RRC.

CNKI mengirimkan dua perwakilannya yaitu Ms Caroline dan Ms Marissa yang didampingi oleh ibu Nadia, dosen jurusan Mandarin FIB UB. Adapun yang menerima kunjunga dari CNKI adalah Kepala Perpustakaan UB Drs. Johan AE Noor, M.Sc.,PhD, Pendamping Ahli Perpustakaan UB Dra. Welmin S A, M.Lib dan para Koordinator Bidang. Presentasi dari CNKI diadakan di Ruang Telkomsel Lounge yang berada di lantai 2 Gedung Perpustakaan UB.

Proyek CNKI pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 oleh Tsinghua University dan Tsinghua Tongfang Company. Database pertama adalah China Academic Journals Full-text Database (versi CD), yang menjadi populer di China dengan cepat, terutama di perpustakaan akademis. Kemudian pada tahun 1999, CNKI mulai mengembangkan database online. Hingga saat ini, CNKI telah membangun Sistem Sumber Pengetahuan Terpadu China yang komprehensif, termasuk jurnal, disertasi doktoral, tesis master, prosiding, surat kabar, buku tahunan, buku catatan tahunan, ebooks, paten, standar dan sebagainya.

CNKI juga telah mendirikan 10 pusat layanan yang tersebar di Beijing, Amerika Utara, Jepang, Korea Utara, Taiwan dan Hong Kong. Jurnal CNKI  banyak digunakan oleh universitas, lembaga penelitian, pemerintah, perusahaan, rumah sakit dan perpustakaan umum di seluruh dunia. Perpustakaan UB sendiri saat ini baru mencoba trial jurnal dari CNKI selama setahun. Apakah selanjutnya Perpustakaan UB akan melanggan jurnal CNKI? Tentu saja banyak aspek yang menjadi pertimbangan, salah satunya adalah apakah jurnal CNKI banyak dimanfaatkan oleh civitas akademika UB.

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: