Ruang Skripsi dan Tesis yang Penuh

 

Malang, 8 Maret 2016

Gedung Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya memiliki bermacam-macam ruangan, salah satu ruangan yang paling banyak diminati oleh para pengunjung adalah Ruang Skripsi dan Tesis. Pada ruangan yang terdapat di lantai dua ini disediakan berbagai macam koleksi skripsi, tesis dan disertasi karya ilmiah civitas akademika UB.

Ruang Skripsi 1

Para pengunjung di Ruang Skripsi dan Tesis mayoritas adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi dan tesis. Adapun total jumlah koleksi di Ruang Skripsi saat ini berjumlah 47.570 judul yang berasal dari semua fakultas di Universitas Brawijaya.

Koleksi pada Ruang Skripsi dan Tesis sudah ditata di rak-rak berdasarkan jenis fakultas dan tahun terbitnya. Hal ini untuk memudahkan penelusuran koleksi bagi para pengunjung. Untuk melakukan penelusuran koleksi, pengunjung bisa menggunakan fitur Brawijaya Knowledge Garden. Pengunjung tinggal memilih Community and Collection yang berada di sebelah kiri, setelah itu akan muncul berbagai nama-nama fakultas yang ada di Universitas Brawijaya.

Setelah itu pengunjung bisa memilih fakultas yang diinginkan. Untuk mencari karya tulis ilmiah yang diawali dengan huruf tertentu, silakan klik pada huruf yang terdapat di sebelah menu Jump to.

Sedangkan untuk melakukan pencarian karya tulis ilmiah Universitas Brawijaya berdasarkan Title, Subject atau Creator, pilih salah satu pilihan pada dropdown list browse by. Masukkan kriteria pencarian Anda pada text box criteria.

Setelah mendapatkan judul yang sesuai, maka kita tinggal mencari koleksinya berdasarkan kodenya. Adapun contoh kode koleksinya sebagai berikut:

SKR/FP/2009/35/050900428

SKR/FE/2007/150

PEN/FMIPA/2008/021000171

SKR untuk jenis koleksi skripsi, sedangkan PEN untuk penelitian. Kode selanjutnya yaitu FP, FE dan FMIPA menunjukkan nama fakultas diikuti dengan tahun terbit dan terakhir adalah nomer urut koleksi. Kode-kode ini bisa dilihat di punggung koleksi. Jika Anda kesulitan mencari lokasinya maka Anda bisa bertanya kepada para staf perpustakaan yang bertugas di Ruang Skripsi dan Tesis.

Koleksi skripsi dan tesis hanya bisa dibaca di tempat dan difotokopi. Namun kebanyakan para mahasiswa lebih memilih memotret atau mengetik langsung bagian yang dijadikan referensi dalam pengerjaan skripsi atau tesisnya. Maka tidak heran setiap hari Ruang Skripsi dan Tesis ini selalu penuh. Para mahasiswa mengerjakan skripsi dengan menggunakan laptop dengan beberapa tumpuk skripsi di meja adalah pemandangan yang bisa kita lihat setiap hari di sana.

Mahasiswa Mengerjakan Skripsi

Jumlah pengunjung Perpustakaan Pusat UB sepanjang tahun 2015 rata-rata dalam sehari mencapai 1.257 orang, dengan pengunjung di Ruang Skripsi dan Tesis rata-rata 350 setiap harinya. Karena banyaknya pengunjung di Ruang Skripsi dan Tesis menyebabkan banyak pengunjung yang tidak kebagian tempat duduk. Akibatnya mereka pun terpaksa membaca atau mengerjakan skripsi di lantai seperti yang terlihat pada foto-foto di bawah ini.

Mahasiswa Duduk di Lantai

Mahasiwa Duduk di Lantai

Mahasiswa Duduk di Lantai 2

 

Hal ini tentu saja patut menjadi perhatian dari pihak Perpustakaan maupun Universitas Brawijaya karena para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi itu tentunya membutuhkan tempat dan fasilitas yang nyaman.

Solusi yang bisa memecahkan masalah ini adalah dengan penambahan ruangan. Menurut data yang ditampilkan pada website UB jumlah mahasiswa Universitas Brawijaya yang aktif hingga tahun 2015 mencapai 51.515 orang. Berdasarkan buku Panduan Perpustakaan Perguruan Tinggi perihal persyaratan dan fasilitas ruang, menurut Memo Program Koordinatif Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 1984 bahwa kebutuhan ruang perpustakaan yang standar adalah 1,6 meter2 per pengguna perpustakaan.

Adapun jumlah pengguna dihitung sebesar 25% dari jumlah total pengguna. Berdasarkan data mahasiswa UB hingga tahun 2015 sebanyak 51.515 maka jumlah pengguna Perpustakaan Universitas Brawijaya adalah sebanyak 12.878 orang. Jika dikalikan 1,6 meter2 maka seharusnya Perpustakaan Universitas Brawijaya memiliki luas 20.600 meter2. Sedangkan saat ini gedung Perpustakaan Pusat UB hanya memiliki luas bangunan 8.520 m2. Maka penambahan luas gedung Perpustakaan Pusat UB benar-benar urgent untuk segera direalisasikan.

 

 

 

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: