Sekilas Perpustakaan

Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Perpustakaan juga bisa diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia. Perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut ataupun tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital. (wikipedia)

Perpustakaan UB sendiri terus melakukan update informasi dan terus berbenah guna menyajikan layanan yang prima untuk para pengguna perpustakaan, tidak hanya dari segi koleksi buku. Perpustakaan UB juga berbenah dari segi fisik bangunan, layanan dan tidak dilupakan juga dari segi pengembangan aplikasi perpustakaan.

Dari segi koleksi buku, perpustakaan tiap tahunnya terus menambah koleksi bukunya. Pengadaan buku dilakukan melalui request / pengajuan judul koleksi dari semua civitas Universitas Brawijaya. Tahun 2017 pengadaan koleksi buku berbahasa Indonesia sejumlah 1820 judul dan 13812 eksemplar, untuk buku berbahasa Asing sejumlah 279 judul dan 327 eksemplar. Dari segi fisik bangunan, agar tampilan perpustakaan semakin segar dan semakin memikat para pengguna untuk terus berkunjung dan menambah wawasan di perpustakaan. Saat ini perpustakaan ub akan melakukan renovasi / faceoff tampilan depan perpustakaan. Rencana faceoff akan dilakukan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan Desember 2017, selama renovasi berlangsung perpustakaan akan tetap buka seperti biasa, hanya saja akan dilakukan pengalihan jalur keluar masuk perpustakaan. Jalur keluar masuk perpustakaan selama kegiatan faceoff akan dipindahkan melalui pintu darurat sebelah selatan di Gazebo FK.

Dari segi layanan, Perpustakaan juga menyajikan registrasi online untuk pengguna perpustakaan yang masa berlaku keanggotaannya telah habis. Registrasi dilakukan setiap semester atau 6 bulan sekali. Ada juga perpanjangan masa pinjam buku, pengguna tidak perlu lagi repot-repot datang ke perpustakaan. Hal ini bisa dilakukan melalui perpanjangan buku online, tentunya aplikasi ini juga masih dalam tahap pengembangan. Untuk melakukan perpanjangan masa pinjam buku, pengguna harus menginstal aplikasi perpusku berbasis android, setelah itu melakukan login dengan menggunakan akun SIAM. Perlu diketahui untuk melakukan login dan melakukan aktifitas perpanjangan masa pinjam buku, pengguna harus terkoneksi melalui jaringan Wifi kampus UB.

Pengembangan aplikasi pelayanan perpustakaan juga terus ditingkatkan. Salah satu aplikasinya adalah registrasi online dan perpanjangan masa pinjam buku yang telah dijelaskan pada sebelumnya. Kemudian masih ada lagi yaitu aplikasi Inlislite versi 3, aplikasi ini merupakan hasil kerjasama Perpustakaan UB dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Inlislite v.3 digunakan untuk menggantikan aplikasi yang lama yaitu intouch, dengan inlislite v.3 ini diharapkan perpustakaan UB bisa semakin memberikan pelayanan dengan lebih prima. Perpustakaan UB juga terus melakukan otomasi terhadap aplikasi Inlislite ini, menyesuaikan fitur dan menu untuk mendukung pelayanan perpustakaan. Aplikasi yang dikembangkan selanjutnya adalah aplikasi Repository Universitas Brawijaya atau Brawijaya Knowledge Garden (BKG), yang nantinya aplikasi ini akan berisi tentang Skripsi, Tesis dan Disertasi dari seluruh civitas Universitas Brawijaya dan bisa diakses secara bebas sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Universitas Brawijaya. (mfd)