Training EBSCO, CAMBRIDGE & CNKI

Perpustakaan UB kembali mengadakan training e-journal untuk civitas akademika UB pada tanggal 16 Maret 2020. Adapun e-journal yang pelajari dalam training kali ini adalah EBSCO, CAMBRIDGE dan CNKI. Pelatihan ini diadakan di Ruang Pertemuan 1, Gedung Perpustakaan UB.

Sejak dua minggu sebelum training, panitia telah membuka pendaftaran bagi civitas akademika terutama bagi para dosen dan mahasiswa pasca sarjana. Training e-journal ini sangat diminati oleh para civitas akademika UB itulah sebabnya panitia hanya memberikan kuota sebanyak 100 orang saja.

Adapun yang menjadi pembicara dalam training adalah Erik Junikon – Regional Sales Manager EBSCO International, Jona Giovani – Account Manager CAMBRIDGE Indonesia dan Miyoto – CNKI. Para pemateri memaparkan kelebihan dari e-journal yang mereka miliki, terutama sebagai sumber referensi dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah.

Cambridge University Press  berdiri tahun 1534, merupakan bagian terintegrasi dari Cambridge University. Hingga saat ini Cambridge sudah membuka cabang di 50 negara dan produknya yang berupa e-book dan e-journal terjual di 170 negara. Cambridge menerbitkan buku dan jurnal untuk kalangan akademisi maupun professional. Adapun subject-nya meliputi Humanities, Social Science, Science, Technology and Medicine.

Sedangkan EBSCO, didirikan oleh Elton B Stephens pada tahun 1944. Hingga saat ini EBSCO memiliki 6000 staf di Amerika Serikat dan 1100 staf di luar Amerika Serikat. Ebsco telah menerbitkan sebanyak 90.000 publikasi yang tersimpan di 400 database. Dengan demikian kualitas e-book dan e-journal dari Ebsco tidak perlu diragukan lagi.

Para peserta training menyimak semua materi dengan penuh konsentrasi. Hal ini terlihat saat pemateri memberikan kuis bisa dijawab dengan benar oleh peserta. Para peserta juga bersemangat saat sesi tanya jawab. Acara yang diikuti oleh sekitar 75 peserta ini berjalan sukses dan berakhir pukul 13.00 WIB.

 

Ihwan H

Bagian Publikasi Perpustakaan UB

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: