Webinar Gale: Gale Online Resources and Digital Humanities

Hari ini, Rabu tanggal 27 Januari 2021 Perpustakaan UB mengadakan webinar (web seminar) bekerjasama dengan Gale yang bertajuk: Gale Online Resources and Digital Humanities. Webinar ini diadakan melalui zoom dengan jumlah peserta lebih dari 100 orang. Para peserta berasal dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, dosen, pustakawan yang tidak hanya dari Universitas Brawijaya tapi juga luar UB.

Gale a Cengage Company, merupakan penyedia primary source terbesar di dunia dan Universitas Brawijaya (UB) sehingga tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Gale a Cengage Company sebelumnya dikenal sebagai Gale Research and the Gale Group . Mereka aktif dalam penelitian dan penerbitan pendidikan untuk perpustakaan umum, akademis, sekolah dan bisnis. Perusahaan ini terkenal dengan majalah teks lengkap dan database surat kabar, Gale OneFile (sebelumnya dikenal sebagai Infotrac), dan database online lainnya yang dilanggan oleh perpustakaan, serta karya referensi multi-volume, terutama di bidang agama , sejarah , dan ilmu sosial .

Gale didirikan di Detroit, Michigan pada tahun 1954 oleh Frederick Gale Ruffner Jr. , perusahaan ini diakuisisi oleh Organisasi Thomson Internasional (kemudian menjadi Thomson Corporation ) pada tahun 1985 sebelum dijual ke Cengage pada tahun 2007. Gale menghasilkan ratusan produk, seperti Gale Academic OneFile, Biography and Genealogy Master Index , General OneFile, General Reference Center, Sabin Americana (berdasarkan Sabin’s Bibliotheca Americana ), dan World History Collection.

Adapun yang menjadi pemateri dalam webinar ini adalah Mr. Masaki Morisawa selaku Senior Product Manager Asia. Mr. Masaki memperkenalkan apa saja itu Gale General OneFile memberikan informasi berkala dan berita melalui antarmuka penelusuran yang intuitif dan ramah pengguna untuk peneliti di semua tingkatan.

Dengan Gale General OneFile memungkinkan para peneliti menemukan informasi yang mereka inginkan dengan lebih cepat dan mudah. Dengan pencarian intuitif yang mencerminkan pencarian Internet, pengguna dapat dengan mudah memanfaatkan sumber-sumber yang terjamin kualitasnya.

Gale General OneFile meliputi banyak sekali disiplim ilmu pengatahuan seperti Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Psikologi, Telekomunikasi, Ilmu Politik, Teknik, Keperawatan, Drama, Bisnis dan Ekonomi, Bisnis dan Industri dan masih banyak lagi lainnya.

Para peserta sangat antusias menyimak pemaparan dari Mr. Masaki Morisawa, ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Adapun materi yang diajarkan dalam webinar ini antara lain:

  1. Mencari artikel penelitian secara cepat dan yang paling tepat
  2. Mencari artikel primary source ( Sumber Pertama)
  3. Membuat kolaborasi artikel dengan sesame peneliti melalui ( Google Classroom)
  4. Mengintegrasikan berbagai macam topic artikel dalam satu platform database
  5. Menganalisis artikel menggunakan platform Gale
Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: