Workshop Integrasi Data untuk Petugas Ruang Baca

Perpustakaan UB mengadakan Workshop Integrasi Data untuk Petugas Ruang Baca pada tanggal 27 Maret 2019. Workshop ini diikuti oleh para pustakawan Perpustaan UB dan Petugas Ruang Baca yang berada di semua fakultas di UN. Dilaksanakan pada jam 09.00- 12.00 di Ruang Pertemuan 1.

Integrasi Data (Data Integration) merupakan proses menggabungkan atau menyatukan dua atau lebih sebuah data dari berbagai sumber database yang berbeda ke dalam sebuah penyimpanan seperti gudang data (data warehouse). Adapun alasan diperlukannya integrasi data karena beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan :

  • Mempermudah dalam proses menganalisa untuk pengambilan keputusan
  • Sharing data antar lingkungan kerja
  • Terhindar dari adanya duplikat data

Dalam workshop ini Perpustakaan UB memberikan pelatihan kepada petugas Ruang Baca untuk melakukan integrasi data koleksi yang dimiliki di setiap fakultas. Tujuan dari intergrasi data ini adalah agar semua koleksi yang ada di setiap fakultas bisa ditampilkan di OPAC Perpustakaan UB. Dengan demikian para pengunjung Perpustakaan UB bisa mengakses koleksi dari Ruang Baca tanpa harus datang ke fakultas.

Sebenarnya koleksi yang terdapat di Ruang Baca sudah pernah diintegrasikan ketika Perpustakaan UB masih menggunakan program Intouch. Karena sekarang Perpustakaan UB sudah berganti dengan program Inlislite V3 maka harus dilakukan integrasi data kembali. Harapannya dengan intergrasi data antara Perpustakaan UB dan Ruang Baca bisa semakin melengkapi koleksi literasi dan memberikan pelayanan yang maksimal untuk para pengguna.

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: