Workshop Literasi Informasi secara Virtual

Pada tanggal 30 Juni 2020, Perpustakaan UB mengadakan virtual workshop dengan tema Literasi Informasi. Woorkshop ini diadakan sebagai salah satu upaya Perpustakaan UB untuk memaksimalkan penggunaan koleksi e-resources selama masa pandemi.

Seperti kita ketahui di masa pandemi ini kegiatan perkuliahan di Universitas Brawijaya dilakukan secara online. Otomatis Perpustakaan UB juga tidak membuka layanan offline. Hal ini tentunya berdampak pada aksesibilitas para mahasiswa terhadap koleksi e-resources Perpustakaan UB. Beberapa upaya telah dilakukan Perpustakaan UB agar mahasiswa tetap bisa mengakses koleksi e-resources meskipun tidak berada di kampus. Seperti layanan Repository Request dan Remote Xs.

Nah agar lebih maksimal, perlu kiranya diadakan workshop secara online. Melalui workshop ini para pemustaka bisa bertanya langsung kepada para pustakawan UB yang berkompeten dalam literasi informasi antara lain:

  • Dra. Widia Permana, S.Sos., M.AB
  • Agung Suprapto, S.Sos., M.A
  • Pitoyo Widhi Atmoko, M.Si

Adapun materi yang diberikan dalam virtual workshop ini adalah sebagai berikut:

  • Pemanfaatan e-resources dari rumah
  • Sosialisasi e-resources dilanggan UB untuk mendukung kegiatan akademik
  • Panduan praktis pemanfaatan dan penelusuran e-resources.

Pendaftaran virtual workshop sudah dimulai sejak tanggal 26 Juni 2020 dengan mempublikasian google form di website dan akun-akun social media Perpustakaan UB. Selanjutnya para peserta langsung dimasukkan di WAG agar lebih mudah dalam melakukan koordinasi.

Virtual Workshop Literasi Informasi diadakan via zoom dengan pengambilan gambar di Ruang Pertemuan 1. Total peserta yang online pada hari H adalah 69 orang yang terdiri atas mahasiswa reguler dan pasca sarjana.

Antusiasme para peserta virtual workshop cukup besar saat menyimak materi dari para pustakawan UB. Ini terlihat saat sesi tanya jawab, cukup banyak mahasiswa yang mengajukan pertanyaan.

Kedepannya, Perpustakaan UB berencana akan mengadakan workshop serupa dengan segmen peserta yang lebih luas yaitu untuk mahasiswa non UB dan para pustakawan.

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: