(Indonesia) Hari Keamanan Pangan Sedunia

Sorry, this entry is only available in Indonesia.

Hallo Sobat Pustaka, yuk kita cari tahu apa itu Hari Keamanan Pangan Sedunia atau yang dikenal dengan sebutan World Food Safety Day (WFSD)! Setiap tanggal 7 Juni, dunia memperingati hari ini sebagai momen penting untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan pangan dan pentingnya standar pangan di seluruh dunia. Tema Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 adalah “Food Standards Save Lives” yang artinya “Standar Pangan, Menyelamatkan Kehidupan”.

Dalam perayaan ini, fokus diberikan pada pengakuan akan pentingnya standar pangan yang berperan dalam menjaga keamanan konsumen serta mendukung perdagangan pangan yang adil. Standar pangan merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan keamanan pangan global.

Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 mengajak kita semua untuk menyadari bahwa keamanan pangan adalah tanggung jawab bersama. Setiap individu memiliki peran penting dalam menjaga dan memastikan keamanan pangan. Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) menyebutkan beberapa peran yang harus diemban dalam menjaga keamanan pangan dan melindungi konsumen. Peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 merupakan acara kelima sejak perayaan pertama pada tahun 2019. Setiap tahun, peringatan ini terus berkembang dengan melibatkan lebih banyak negara dan mengadakan beragam acara.

Hari Keamanan Pangan Sedunia diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan perayaan tahunannya dipimpin oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO). Peringatan ini melibatkan pemerintah, organisasi internasional, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat umum untuk bersatu dalam upaya memerangi kelaparan, meningkatkan akses terhadap pangan yang cukup, aman, bergizi, dan berkualitas, serta memastikan keberlanjutan sistem pangan global.

Dalam rangka mencapai Keamanan Pangan Sedunia, diperlukan langkah konkret. Investasi dalam pertanian berkelanjutan, peningkatan akses pasar bagi petani kecil, perbaikan infrastruktur pertanian, penguatan kelembagaan dan kebijakan pangan, serta promosi inovasi teknologi adalah beberapa langkah yang diusulkan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi sektor pertanian.

Selain itu, Hari Keamanan Pangan Sedunia juga mendorong peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya memilih dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta mengurangi pemborosan pangan.

Ketika kita merayakan Hari Keamanan Pangan Sedunia, marilah kita bersatu untuk memerangi kelaparan, memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas untuk semua, serta menciptakan dunia yang lebih baik.