(Indonesia) Kunjungan dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Perpustakaan UB menerima kunjungan dari Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten pada tanggal 29 Oktober 2019. Rombongan dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten terdiri atas empat orang antara lain: Dr. Anis Zohriah, M.M (Kepala Perpustakaan UIN Sultan MaulanaHasanuddinBanten), Diah Sa’adiah, S.Sos., M.Si (Pustakawan Muda), Tsulatsiah, S.E., S.IPI, M.M  (Pustakawan Muda), Artina, S.Pd.I., M.Pd (Pelaksana Perpustakaan).

Rombongan ini diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan UB Drs. Johan A.E. Noor, M.Sc, Ph.D di rungannya dengan didampingi oleh para koordinator bidang. Adapun maksud dan tujuan kunjungan ini antara lain:

  1. Mengetahui atau mengenal metode/system/pola tata kelola perpustakaan untuk lebih efektif dan efesien
  2. Meningkatkan pemahaman, dalam meningkatkan kompetensi di bidang pengelolaan perpustakaan yang professional.
  3. Menyelaraskan kegiatan organisasi mengacu pada Program Kerja berdasarkan SOP yang sesuai dengan standarisasi akreditasi perpustakaan perguruan tinggi.

Sedangkan tujuan kunjungan adalah untuk merealisasikan tata kelola perpustakaan yang lebih professional sesuai dengan standarisasi akreditasi perpustakaan perguruan tinggi.

Setelah berdiskusi di ruang kepala, Pak Johan mengajak tamu dari UIN Banten ini melakukan library tour agar mereka bisa melihat secara langsung koleksi-koleksi yang dimiliki Perpustakaan UB dan kegiatan layanan yang dilaksanakan oleh para pustakawan UB.

Ruangan pertama yang dikunjungi adalah lantai 1 tepatnya di Ruang Sirkulasi dan Multimedia. Di sini para tamu bisa melihat bagaimana proses peminjaman buku secara mandiri menggunakan program Inlis Lite 3, sedangkan di Ruang Multimedia melihat koleksi e-journal dan e-book yang dilanggan Perpustakaan UB.

Library tour kemudian dilanjutkan ke lantai 2 yaitu ruang koleksi buku di Ruang Reserve (Label Merah) dan Ruang Label Putih. Tak ketinggalan juga melihat koleksi skripsi, tesis dan disertasi yang merupakan karya tulis mahasiswa UB di Ruang Skripsi.

Rombongan dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten merasa terkesan setelah melakukan kunjungan ke Perpustakaan UB. Mereka pun termotivasi untuk dijadikan referensi dalam merealisasikan tema benchmarking yaitu: “Menuju Pengelolaan Perpustakaan UIN SMH Banten yang lebih professional.”

Beberapa langkah yang akan dilakukan Rombongan Perpustakaan UIN SMH Banten setelah melakukan bench marking antara lain:

  1. Mengevaluasi bidang– bidang yang perlu ditingkatkan agar menjadi lebih baik.
  2. Melakukan identifikasi atau skala prioritas untuk tata kelola perpustakaan untuk meningkatkan daya saing sesuai dengan perkembangan zaman.
  3. Mengetahui atau mengenal metode/system/pola tata kelola perpustakaan untuk lebih efektif dan efesien.
  4. Mengetahui tentang factor penyebab belum tercapainya perpustakaan yang ideal.
  5. Mengusulkan kepada Rektor UIN SMH Banten untuk segera melakukan MOU dengan Universitas Brawijaya sehingga mereka dapat melakukan MOU dengan Perpustakaan UB.