(Indonesia) OPEN HOUSE AND SHOW CASE 2019

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Setiap tahun ada event yang selalu ditunggu oleh para mahasiswa UB di Perpustakaan UB yaitu Open House and Show Case. Pada tahun ini, event Open House and Show Case 2019 diadakan pada tanggal 24-26 September 2019. Tahun ini, kami mengangkat tema: Fundamental Changes toward Service Innovations. Tema ini diangkat karena Perpustakaan UB ingin meningkatkan kualitas layanan dengan menciptakan inovasi-inovasi layanan.

Di tahun kelima ini Perpustakaan menggandeng beberapa partner untuk menyukseskan Open House and Show Case 2019 antara lain Wiley, Sagung Seto, i Group, UB Press  dan Alibaba. Adapun rangkaian acara OPSC 2019 sebagai berikut:

  1. Launching Sobat Pustaka
  2. Seminar Nasional I dengan tema: “Tantangan Kepustakawanan di Era Disruptif” dengan pembicara: Ida Fajar Priyanto, M.A., Ph. D. yang merupakan dosen Manajemen Ilmu Perpustakaan di Sekolah Pascasarjana UGM. Beliau mendapatkan gelar S3 dari University of North Texas.
  3. Seminar Nasional II Tema: “ Transformasi Perpustakaan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” dengan pembicara: Dr. Agus Rusmana, M.A. yang merupakan Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Padjadjaran.
  4. Bedah buku dengan menghadirkan penulis novel “Star of You” yang merupakan mahasiswa FIB: Shan A Fitriani, dengan pembedah buku Yusri Fajar, S.S., M.A. dosen FIB Universitas Brawijaya.
  5. Exhibition (pameran) yang diikuti oleh: Wiley, Sagung Seto, i Group dan UB Press.
  6. Fun Games dengan total hadiah hingga jutaan rupiah antara lain: lomba Tebak Berat Buku, Selfie Competition, Mencari Buku Label Merah dan Permainan Konsentrasi.
  7. Makan gratis dengan berbagai menu yang lezat dan disukai para mahasiswa antara lain: ayam geprek, siomay, bakso, tahu campur, mie ayam, soto dan masih banyak lagi lainnya.
  8. Kegiatan sosial donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia kota Malang.

 

Pembukaan Open House and Show Case 2018 berlangsung di Gazebo Depan Perpustakaan UB dengan mengundang Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS, beserta dengan para Pembantu Rektor dan Dekan di seluruh fakultas yang ada di UB.

Dalam sambutannya, Prof Nuhfil menuturkan bahwa Perpustakaan UB harus terus berinovasi agar mampu bersaing dengan perpustakaan lainnya. Hal ini tentunya sejalan dengan tema yang diangkat dalam event Open House 2019 ini.

Pelaksanaan Open House and Show Case 2019 selama tiga hari berlangsung lancar dan sukses, ini terlihat dari antusiasme para mahasiswa UB yang datang berbondong-bondong mengunjungi perpustakaan. Ini terlihat dalam antrian makan gratis setiap harinya yang selalu panjang dan mengular di Gazebo Perpustakaan UB. Mereka sabar meski harus mengantri kupon makan dan makan gratis selama hampir 1 jam. Tak heran jika makanan gratis yang disediakan pun langsung habis hanya dalam waktu hitungan jam.

Sementara itu di bagian Fun Games para peserta juga tidak kalah antusias mengikuti semua lomba yang diselenggarakan. Dari semua lomba yang paling banyak pesertanya adalah Lomba Tebak Berat Buku karena peserta cukup mengisi formulir dan menebak berat buku yang sudah dikemas oleh panitia. Penutupan UB Library Open House and Show Case 2019 dilaksanakan pada hari ketiga di Ruang Multimedia. Pada penutupan ini diumumkan para pemenang dari setiap lomba yang diadakan.

Berikut ini adalah daftar para pemenang Fun Games:

GAME KONSENTRASI

  1. Famidha N W                 Fakultas Ilmu Budaya
  2. Rahul Mahendra Fakultas Ilmu Administrasi
  3. Achmad Shauqi Fakultas Ilmu Administrasi

GAME TEBAK BERAT BUKU

  1. Husna Argitasari Fakultas Ilmu Administrasi
  2. Erdin N.               Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Yanuar Mufid H. Fakultas Teknologi Pertanian

GAME  MENCARI BUKU LABEL MERAH

  1. Novita C. A Fakultas Ilmu Administrasi
  2. Achmad Shauqi Fakultas Ilmu Administrasi
  3. Arrial Thoriq Setyo Rifano Fakultas Hukum

 

GAME SELFIE

1.       Sarahita Dinda MIPA
2.       Dea Nabila  Fakultas Pertanian
3.       Irnawansyah UB

 

PEMINJAM TERBANYAK

1.       Arrial Thoriq Setyo Rifano Fakultas Hukum
2.       Anna Hartama Fakultas Ilmu Administrasi
3.       Zakiyyah Nur Inayah Fakultas Perikanan dan Kelautan

 

KUNJUNGAN TERBANYAK

1.       Yanssen Tanawa Fakultas Teknik
2.       Heri Ariadi Perikanan dan Ilmu Kelautan
3.       Afriliyani Kontrayana Pasca Sarjana

 

Pada Open House tahun ini, Perpustakaan UB juga memberikan hadiah untuk pengunjung perpustakaan dengan jumlah kunjungan terbanyak dan jumlah pinjaman buku terbanyak. Pemberian hadiah ini dimaksudkan untuk menginpirasi pengunjung lainnya untuk lebih rajin datang ke perpustakaan dan memanfaatkan koleksi dan layanan yang disediakan. Selamat untuk Perpustakaan UB dan para staf atas kesuksesan Open House dan Show Case 2019, sampai jumpa lagi di OPSC tahun depan.