(Indonesia) Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 2

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Perpustakaan UB pada hari Selasa 2 Maret 2021 mengadakan Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 2. Pelatihan yang diadakan secara live via Zoom ini diikuti oleh para civitas akademika UB sebanyak 118 orang. Acara dibuka oleh Ketua Panitia yaitu Ibu Suprihatin, S.IP., M.A pada pukul 09.00 WIB. Adapun yang menjadi pemateri dalam Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 1 ini antara lain:

  1. Suprihatin, S.IP., M.A: Pengenalan Layanan Online Perpustakaan UB
  2. Pitoyo Widhi Atmoko, M.Si: Pemanfaatan Single Sign On (SSO) Remote Xs dan Repository
  3. Kurniasih Yuni Pratiwi, S.Sos., M.A: Optimalisasi Penelusuran E-Resources yang dilanggan UB

Seperti pada Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 1, pemaparan materi dalam ini menggunakan system hybrid classroom yaitu menggabungkan model pembelajaran tatap muka (face to face) dengan pembelajaran jarak jauh (online). Sehingga pemateri bisa lebih aktraktif dalam menyampaikan materi dan peserta juga lebih mudah memahami dan tidak bosan.

“Agar para mahasiswa tetap bisa memanfaatkan koleksi fisik di tengah pandemic, Perpustakaan membuka layanan peminjaman buku secara online pada bulan Oktober 2020. Adapun kuota pemimjaman buku setiap mahasiswa adalah 25 buku. Masa peminjaman 14 hari dan bisa diperpanjang sampai 3 kali. Petugas akan memberikan jadwal pengambilan buku melalui WA, jika dalam waktu 2 hari tidak diambil maka akan dikembalikan ke rak,” tutur Ibu Suprihatin dalam presentasinya tentang Layanan Online Perpustakaan UB.

Setiap kali pemateri selesai menjelaskan materi, dibuka sesi tanya jawab bagi para mahasiswa yang belum mengerti atau mengalami kendala dalam pemanfaatan layanan online. Dian Pradnya dari FEB UB menanyakan apakah untuk peminjaman buku secara online, mahasiswa tetap harus mengambil ke Perpustakaan UB. Sedangkan Dian saat ini berdomosili di Bali. Ibu Suprihatin menjawab untuk peminjaman buku tetap harus mengambil ke Perpustakaan UB tentunya dengan tetap menerapakan protokol kesehatan.

Sementara itu di sesi 2, Bachtiar bertanya apakah bisa meminta permohonan pembukaan link untuk lebih dari satu thesis atau skripsi sekaligus dalam satu email. Pak Widhi menjelaskan bahwa untuk repository request dalam 1 email hanya boleh meminta akses 1 file. Jika ingin mengakses lebih dari satu maka harus mengirim ulang repository request.

Qurnia Indah Permata Sari bertanya tentang prosedur pencarian buku di perpustakaan kampus lain. Jika sebelum pandemi mahasiswa bisa menggunakan kartu Sakti atau FKP2T. Namun selama pandemi ini Perpustakaan UB tidak menerima pembuatan dan kunjungan baik itu mahasiswa UB maupun kampus lain.

Demikianlah berita tentang Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 2, semoga bermanfaat. Bagi Anda yang kemarin belum sempat mengikuti silakan mendaftarkan diri di Angkatan 3 pada link berikut: http://bit.ly/LIterasiUB03

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: