(Indonesia) Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 7

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Perpustakaan UB kembali mengadakan Pelatihan Literasi, kali ini untuk Angkatan 7 pada hari Selasa 6 April 2021. Seperti pada pelaksanaan sebelumnya, pelatihan diadakan secara live via Zoom. Acara dibuka oleh Ketua Panitia yaitu Ibu Suprihatin, S.IP., M.A pada pukul 09.00 WIB. Adapun yang menjadi pemateri dalam Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 3 ini antara lain:

  1. Christinia Minarso, Sos., M.Hum: Pengenalan Layanan Online Perpustakaan UB
  2. Wahyu Tri Sasongko: Pemanfaatan Single Sign On (SSO) Remote Xs dan Repository UB
  3. Emy Sukartini: Optimalisasi Penelusuran E-Resources yang dilanggan UB

Pelatihan Literasi Informasi ini sangat penting diikuti oleh para civitas akademika UB terutama di saat masa perkuliahan online seperti sekarang, agar mereka bisa memanfaatkan semua koleksi e-resources dan layanan online dengan maksimal.

Fakta di lapangan mengatakan, masih ada mahasiswa terutama mahasiswa baru yang belum mengetahui layanan perpustakaan bahkan profil maupun website Perpustakaan UB. Hal ini dikarenakan disebabkan banyak faktor, mulai dari sistem perkuliahan online yang tidak memungkinkan mahasiswa baru datang ke Perpustakaan UB, kurangnya informasi yang didapatkan oleh mahasiswa.

Perpustakaan UB sendiri sejak masa pandemi sudah gencar melakukan berbagai inovasi layanan online mulai dari up-date informasi terbaru di website dan semua akun social media, pembukaan layanan hotline via WA, pembukaan beberapa layanan online.

Di sesi pertama Ibu Christinia menjelaskan kepada para mahasiswa tentang berbagai layanan online yang diberikan oleh Perpustakaan UB sejak adanya pandemi antara lain: Layanan Bebas Pustaka Online, Serah Simpan Naskah TA, Repository Request hingga pengembalian dan peminjaman buku secara online.

“Untuk akun remote Xs harus membuat password yang spesifik dengan kombinasi angka huruf dan karakter namun yang mudah diingat. Oleh sebab itu sebaiknya password yang dicatat dengan baik,” pesan Pak Wahyu dalam sesi kedua yang membahas tentang Pemanfaatan Single Sign On (SSO) Remote Xs dan Repository UB.

“Perpustakaan UB selama ini melanggan berbagai macam e-journal, nah di antara semua e-journal tersebut yang paling mahal adalah Science Direct. Oleh karena itu harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Namun ada batasan untuk unduhnya yaitu kurang dari 400 artikel per hari. jika dilanggar maka akun kita akan dibanned,” penjelasan Bu Emmy di sesi Optimalisasi Penelusuran E-Resources yang dilanggan UB.

Setiap kali pemateri selesai menjelaskan materi, dibuka sesi tanya jawab bagi para mahasiswa yang belum mengerti atau mengalami kendala dalam pemanfaatan layanan online. Salah satu pertanyaan dari Ilmia Fahmi: “Apakah civitas UB diperkenankan memberikan usulan judul e-book yang perlu dibeli atau dilanggan oleh UB? Karena e-book terkait pangan dan gizi masih terbatas.”

Pak Wahyu menjawab bahwa mahasiswa bisa memberikan usulan judul e-book melalui email, hal ini akan menjadi pertimbangan dalam pengadaan e-book di tahun berikutnya.

Demikianlah berita tentang Pelatihan Literasi Informasi Angkatan 7, semoga bermanfaat. Bagi Anda yang kemarin belum sempat mengikuti silakan mendaftarkan diri di Angkatan 8 pada link berikut: http://bit.ly/LiterasiUB08

 

 

Berita dan dokumentasi oleh Publikasi Perpustakaan UB

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: