(Indonesia) RAPAT KERJA 2019

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Dalam rangka Evaluasi Kerja 2019 dan penyusunan Program Kerja 2020 Perpustakaan UB mengadakan Rapat Kerja 2019. Rapat Kerja kali ini diselenggarakan di Duyung Trawas Hill pada tanggal 29-30 November 2019. Duyung Trawas Hill beralamat di Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur 61375. Rapat kali ini dihadiri oleh 56 staf Perpustakaan UB dengan membawa tiga kendaraan. Rombongan Perpustakaan berangkat pukul 09.00 WIB dari UB dan sampai di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB.

Rapat kerja diadakan setiap tahun untuk mengevaluasi kinerja seluruh bagian dan staf selama satu tahun terakhir. Dalam rapat kerja, setiap bagian menyampaikan program apa saja yang telah berhasil dilaksanakan selain itu apa saja yang belum bisa dilaksanakan dengan dikemukan penyebabnya. Dengan demikian, bagian terkait bisa melakukan evaluasi untuk kegiatan selanjutnya agar lebih baik. Tidak hanya itu saja, setiap bagian juga kemudian mempresentasikan program kerja untuk tahun depan.

Setelah rapat kerja usai, Pak Deddy Gusra, selaku Kasubbag Tata Usaha Perpustakaan memberikan penjelasan tentang perubahan nomenklatur jabatan fungsional tendik. Penataan jabatan fungsional tendik perlu untuk meningkatkan kompetensi sesuai bidang dan keahlian tendik di UB. Kebijakan baru ini juga bertujuan untuk memposisikan tendik sesuai dengan grade yang ditentukan sehingga mempunyai tempat yang proporsional.

Dampak dari nomenklatur jabatan fungsional tendik ini akan ada staf yang mengalami perubahan grade baik itu naik maupun turun. Meskipun begitu, kebijakan ini tidak mengurangi kesejahteraan yang selama ini diterima oleh tendik.

Selain rapat kerja, diadakan juga game dan outbound bagi para staf dengan tujuan untuk meningkatkan kekompakan dan solidaritas di antara para staf. Untuk game dipandu langsung oleh Kepala Perpustakaan dengan nama Game Salah Benar. Game ini menuntut konsenstrasi dan kekompakan dari para peserta. Adapun rule gamenya adalah Pak Johan memberikan satu instruksi, jika beliau mengucapkan benar maka para peserta harus melakukan sesuai instruksi. Namun jika Pak Johan mengucapkan salah maka peserta harus melakukan yang berlawanan dengan instruksi.

Sedangkan kegiatan outbound dipandu oleh pihak Duyung Trawas Hill. Dalam kegiatan ini staf Perpustakaan UB dibagi menjadi dua kelompok. Kedua kelompok kemudian berkompetisi melalui beberapa game yang menuntut kerjasama dan kekompakan dari para peserta.