(Indonesia) Sosialisasi dan Workshop Aplikasi Turnitin di UB

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Kecanggihan teknologi telah memberikan kemudahan bagi kita untuk mendapatkan informasi dan literasi dari internet. Namun sayangnya banyak orang dengan mudahnya melakukan plagiat mulai dari kalangan sastra hingga akademis. Di kalangan akademis sudah tak terhitung lagi kasus plagiat atau penjiplakan skripsi dan thesis.

Sekarang kita tidak perlu risau lagi dengan aksi plagiat yang sudah jamak terjadi karena ada website yang bisa mendeteksi yang menyediakan fasilitas untuk mendeteksi suatu tindakan plagiat terhadap suatu karya yang keaslian atau autentifikasinya harus diuji yaitu www.turnitin. Dengan Turnitin kita bisa mendeteksi berapa persen tingkat copy paste yang terdapat dalam sebuah karya ilmiah.

Perpustakaan UB memiliki kepedulian yang tinggi untuk mengatasi plagiasi dalam karya ilmiah yang disusun oleh para mahasiswa maupun dosen. Untuk itulah Perpustakaan UB melanggan software Turnitin sejak tahun 2016.

Dalam rangka mengenalkan Turtinin kepada para civitas akademika, Perpustakaan UB melakukan sosialisasi dan workshop aplikasi Turtinin di semua fakultas di lingkungan UB. Sampai dengan hari ini, Perpustakaan UB sudah melakukan sebanyak 5 kali yaitu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, MIPA dan Fakultas Ilmu Komputer.

Kepala Perpustakaan UB Drs. Johan AE Noor, M.Sc.,PhD menjadi instruktur di setiap workshop dengan didampingi oleh Ibu Hermintatik,SAB.,MA, dan Dedy Gusra. Untuk tahap Pertama UB mendapat jatah 1000 username dan password yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan dosen.

Masing-masing fakultas mendapatkan jatah 40 username dan password, apabila pada tahap pertama ini pemanfaatan Turnitin maksimal, maka Bapak Rektor akan menambah kuota username dan password menjadi 6000 user.

Untuk mendapatkan username dan password, masing-masing fakultas harus mengirim nama dan alamat e-mail manual dan e-list ke Peprustakaan UB. Selanjutnya masing-masing fakultas bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan bimbingan/workshop  penggunaan aplikasi Turnitin dari Perpustakaan.

 

Untuk foto workshop selengkapnya bisa dilihat di Album Workshop Turtinitin.

 

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: