(Indonesia) Weeding Koleksi Skripsi 2019

Sorry, this entry is only available in Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Perpustakaan UB kembali mengadakan weeding atau penyiangan pada koleksi skripsi pada bulan Januari 2019. Adapun koleksi skripsi yang sudah waktunya mengalami proses penyiangan adalah koleksi skripsi tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. Untuk koleksi tahun 2012 – 2013 tidak ditampilkan lagi di rak namun begitu para pemustaka tetap bisa membaca koleksi tersebut di BKG (Brawijaya Knowledge Garden). Sedangkan koleksi tahun 2014 – 2015 dipindahkan dari Ruang Skripsi Barat ke Timur.

Weeding atau penyiangan merupakan sebuah proses mengurangi koleksi perpustakaan yang tidak lagi cocok dengan kebutuhan dan keinginan pemustaka kita  (Jeanette Larson dalam bukunya CREW (A Weeding Manual for Modern Libraries). Latar belakang dilakukanya weeding antara lain: informasi yang dikandungnya dianggap sudah usang karena adanya kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan informasi. Pengguna sudah tidak membutuhkan subjek yang bersangkutan. Telah ada edisi terbaru yang isinya lebih lengkap dan sesuai zaman (up to date) untuk judul buku yang sama. Namun bila ada teori penting dalam edisi lama yang masih sahih dan tidak dicakup lagi pada edisi yang baru, maka koleksi tersebut tidak perlu disiangi.

Di Perpustakaan UB sendiri, koleksi skripsi memang seharusnya di weeding setiap tahun karena setiap tahun jumlah skripsi terus bertambah. Pertambahan ini seiring dengan jumlah mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studi-nya (lulus). Selain itu juga frekuensi weeding juga dipengaruhi oleh kapasits rak yang dimiliki. Jika koleksi terlalu penuh di rak maka selain dari segi estetika kurang sedap dipandang juga yang utama dari segi fungsional akan menyulitkan para pemustaka saat mengambilnya. Pemustaka menginginkan buku-buku yang atraktif, bersih dan dalam keadaan baik. Bukan rak-rak yang dijejali dengan buku-buku yang kotor, usang dan rusak. Weeding kali ini dikerjakan oleh 13 staf Perpustakaan UB dengan target selesai selama 2 minggu.

Butuh Bantuan ? Chat dengan Kami
%d bloggers like this: