(Indonesia) Pelatihan Master Prompt AI

Sorry, this entry is only available in Indonesia.

Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas tulisan karya ilmiah mahasiswa S2, S3, dan dosen. Acara yang berjudul “Pelatihan Master Prompt AI” ini juga bertujuan untuk memperkenalkan berbagai tools kecerdasan buatan (AI) yang dapat mendukung kegiatan penelitian dan penulisan.

Pelatihan ini diadakan di Ruang Pertemuan 1 Perpustakaan UB mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Para peserta dari berbagai tingkat pendidikan dan latar belakang akademik hadir untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang penggunaan AI dalam konteks penulisan karya ilmiah.

Pemateri utama dalam acara ini adalah Pitoyo Widhi Atmoko, S.Si,. M.Si, dan Ir. Heri Prayitno, dua pakar yang memiliki pengalaman luas dalam bidang kecerdasan buatan dan teknologi informasi. Mereka memberikan wawasan yang mendalam tentang teknik dan strategi dalam menggunakan Prompt AI untuk menghasilkan tulisan karya ilmiah berkualitas.

Selain itu, peserta juga diperkenalkan dengan berbagai tools AI lainnya yang dapat mendukung proses penelitian dan penulisan, seperti generasi ringkasan teks, deteksi plagiarisme, dan analisis data. Hal ini diharapkan dapat memperluas wawasan peserta tentang kemungkinan-kemungkinan yang ditawarkan oleh perkembangan terkini dalam bidang kecerdasan buatan.

MC Dini Sekaring memandu jalannya acara dengan baik, menjaga suasana tetap hidup dan interaktif. Para peserta aktif berpartisipasi dalam sesi diskusi dan tanya jawab, memanfaatkan kesempatan untuk bertanya langsung kepada para pemateri.

Kepala Perpustakaan UB, dalam sambutannya, menyatakan harapannya bahwa pelatihan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi peserta dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis karya ilmiah yang berkualitas dan menggunakan teknologi AI secara efektif. “Kami berharap pelatihan ini akan menjadi langkah awal yang positif dalam memanfaatkan potensi AI dalam dunia akademik,” ujarnya.

Pelatihan Master Prompt AI ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas tulisan karya ilmiah dan pemanfaatan teknologi AI di lingkungan akademik Universitas Brawijaya.