(Indonesia) Sosialisasi migrasi Remote Xs ke eduVPN pada Petugas Ruang Baca

Sorry, this entry is only available in Indonesia.

Layanan Remote Xs per-tanggal 31 Desember 2022 telah berakhir dilanggan UPT Perpustakaan UB. Sehingga layanan Remote Xs tidak dapat diganakan untuk mengakses e-resources. Akan tetapi Sobat Pustaka tidak perlu kwatir karena layanan akses e-resources dilakukan dengan menggunakan EduVPN.

Tanggal 31 Desember 2022 Kepala Perpustakaan Pusat mengundang seluruh petugas Ruang Baca untuk mengikuti sosialisasi migrasi Remote Xs ke EduVPN. Pada pertemuan ini dibuka dengan sambutan Kepala Perpustakaan UB dan masuk pada materi dilanjutkan di oleh Bapak. Pitoyo Widiatmoko selaku Koordinator Bidang TI. Beliau menjelaskan bagaimana cara mendowload EduVPN dan menggunakan EduVPN untuk mengakses e-resources UB. Tujuan sosialisasi ini supaya seluruh petugas Ruang Baca bisa memberikan edukasi kepada para mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan di masing-masing fakultas.

EduVPN adalah layanan VPN yang disediakan oleh berbagai universitas di seluruh dunia, termasuk Universitas Brawijaya. Layanan ini menyediakan akses yang aman dan terenkripsi ke jaringan dan sumber daya universitas dari lokasi di luar kampus. Layanan EduVPN UB disediakan  untuk fakultas, staf, dan mahasiswa di UB dan dapat diakses menggunakan browser web atau perangkat lunak klien VPN. Menggunakan EduVPN memungkinkan Anda terhubung dengan aman ke jaringan universitas dan mengakses sumber daya yang mungkin dibatasi hanya untuk akses di dalam kampus. Penting untuk dicatat bahwa EduVPN hanya untuk penggunaan universitas resmi dan tidak boleh digunakan untuk tujuan pribadi.

Dengan adanya sosialisasi EduVPN UB kepada seluruh civitas akademika UB diharapkan koleksi E-Resources yang dimiliki oleh Universitas Brawijaya bisa tetap dimanfaatkan secara maksimal.